APLIKASI MOBILE LAYANAN ADMINISTRASI DESA/KELURUHAN UNTUK LAYANAN DI ERA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Yaman Khaeruzzaman Universitas Multimedia Nusantara
  • Adhi Kusnadi Universitas Multimedia Nusantara
  • Marlinda Vasty Overbeek Universitas Multimedia Nusantara
  • Moeljono Widjaja Universitas Multimedia Nusantara
  • Dennis Gunawan Universitas Multimedia Nusantara
  • Ni Made Satvika Iswari Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4721

Kata Kunci:

Pelayanan, administrasi, disain , android

Abstrak

Pelayanan administrasi desa merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan pada kantor desadan/atau kelurahan dan sangat memungkinkan terjadinya mobilitas dan kerumunnan warga yangseharusnya dihindari pada masa pandemi seperti sekarang ini. Prosedur pelayanan administrasidesa/kelurahan memerlukan deretan persetujuan mulai dari ketua RT, ketua RW, perangkat dankepala desa/kelurahan sehingga memakan waktu yang relatif lama. Pelayanan administrasi desaakan sangat baik jika dapat dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat yang umumdimiliki oleh warganya seperti telepon genggam pintar (smartphone) sehingga dapat dilakukanlebih cepat, mematuhi anjuran untuk menghindari mobilitas dan kerumunan dan slogan “tetap dirumah saja” dapat terlaksana. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakandimulai dari analisa kebutuhan dan disain sistem dengan menggunakan metode pengembanganwaterfall model. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahap implementasi agar dapat digunakansecara luas bagi masyarakat. Pengembangan dan instalasi aplikasi pelayanan administrasi desadirencanakan berbasis android dengan data terspusat di awan. Disain sistem ini kemudiandilakukan verifikasi dan validasi oleh sejumlah pengguna terutama dari pihak kelurahan karenapihak tersebut yang mengetahui proses pelayanan yang ada. Uji verifikasi menyatakan bahwaproses pelayanan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan uji validasi menyatakan disainsudah sesuai dengan kebutuhan pengguna

Referensi

S. Fajarwati, S. Sarmini, and Y. Septiana, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5,” JUITA J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 73–80, 2018.

N. M. S. Iswari, “Review Perangkat Lunak StarUML Berdasarkan Faktor Kualitas McCall,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, 2015.

O. O. Olga, “Peran Data Analyst pada Divisi Lembaga Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara.” Universitas Multimedia Nusantara, 2019.

A. Arisanti, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall pada Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan,” Fak. Ilmu Komput. STIMIK Pringsewu Lampung, 2014.

M. I. P. Koesoemadinata, D. W. Soewardikoen, I. D. A. D. Putra, I. G. A. R. Lawe, and I. D. Rahadianto, “Perancangan dan Pelatihan Pengelolaan Website Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung,” Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, 2021.

A. Mayub, M. L. Firdaus, and H. Johan, “PRAKTEK PEMBUATAN DAN SIMULASI ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BIDANG IPA DI RUMAH PADA SMPN 6 SELUMA,” Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, 2021.

I. Sommerville, “Software process models,” ACM Comput. Surv., vol. 28, no. 1, pp. 269–271, 1996.

A. Supiyani, D. Sukmawati, and S. Rahayu, “PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN OBAT TOPIKAL BERBAHAN DASAR HERBA VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TANPA PEMANASAN DAN BAHAN KIMIA TAMBAHAN,” Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 11–15, 2022.

A. Kusnadi, W. Wella, and R. Winantyo, “Upaya Peningkatan Jumlah Usaha Rintisan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan,” J. Solma, vol. 9, no. 1, pp. 186–200, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03