APLIKASI MOBILE LAYANAN ADMINISTRASI DESA/KELURUHAN UNTUK LAYANAN DI ERA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4721Kata Kunci:
Pelayanan, administrasi, disain , androidAbstrak
Pelayanan administrasi desa merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan pada kantor desa
dan/atau kelurahan dan sangat memungkinkan terjadinya mobilitas dan kerumunnan warga yang
seharusnya dihindari pada masa pandemi seperti sekarang ini. Prosedur pelayanan administrasi
desa/kelurahan memerlukan deretan persetujuan mulai dari ketua RT, ketua RW, perangkat dan
kepala desa/kelurahan sehingga memakan waktu yang relatif lama. Pelayanan administrasi desa
akan sangat baik jika dapat dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat yang umum
dimiliki oleh warganya seperti telepon genggam pintar (smartphone) sehingga dapat dilakukan
lebih cepat, mematuhi anjuran untuk menghindari mobilitas dan kerumunan dan slogan “tetap di
rumah saja†dapat terlaksana. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan
dimulai dari analisa kebutuhan dan disain sistem dengan menggunakan metode pengembangan
waterfall model. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahap implementasi agar dapat digunakan
secara luas bagi masyarakat. Pengembangan dan instalasi aplikasi pelayanan administrasi desa
direncanakan berbasis android dengan data terspusat di awan. Disain sistem ini kemudian
dilakukan verifikasi dan validasi oleh sejumlah pengguna terutama dari pihak kelurahan karena
pihak tersebut yang mengetahui proses pelayanan yang ada. Uji verifikasi menyatakan bahwa
proses pelayanan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan uji validasi menyatakan disain
sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna
Referensi
S. Fajarwati, S. Sarmini, and Y. Septiana, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5,†JUITA J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 73–80, 2018.
N. M. S. Iswari, “Review Perangkat Lunak StarUML Berdasarkan Faktor Kualitas McCall,†Ultim. J. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, 2015.
O. O. Olga, “Peran Data Analyst pada Divisi Lembaga Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara.†Universitas Multimedia Nusantara, 2019.
A. Arisanti, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall pada Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan,†Fak. Ilmu Komput. STIMIK Pringsewu Lampung, 2014.
M. I. P. Koesoemadinata, D. W. Soewardikoen, I. D. A. D. Putra, I. G. A. R. Lawe, and I. D. Rahadianto, “Perancangan dan Pelatihan Pengelolaan Website Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, 2021.
A. Mayub, M. L. Firdaus, and H. Johan, “PRAKTEK PEMBUATAN DAN SIMULASI ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BIDANG IPA DI RUMAH PADA SMPN 6 SELUMA,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, 2021.
I. Sommerville, “Software process models,†ACM Comput. Surv., vol. 28, no. 1, pp. 269–271, 1996.
A. Supiyani, D. Sukmawati, and S. Rahayu, “PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN OBAT TOPIKAL BERBAHAN DASAR HERBA VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TANPA PEMANASAN DAN BAHAN KIMIA TAMBAHAN,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 11–15, 2022.
A. Kusnadi, W. Wella, and R. Winantyo, “Upaya Peningkatan Jumlah Usaha Rintisan melalui Program Pengembangan Kewirausahaan,†J. Solma, vol. 9, no. 1, pp. 186–200, 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.