PELATIHAN DAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN CANVAS BAGI GURU-GURU MI MUHAMMADIYAH TANGUNAN

Penulis

  • Hamzah Setiawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maslikhatun Nisak Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Hindarto hindarto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Mochammad Septa Sandy Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4665

Kata Kunci:

Teacher, Madrasah Ibtidaiyah, Canvas

Abstrak

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Tangunan Mojokerto merupakan sebuah sekolah  tingkat Dasar yang berada di daerah Tangunan Mojokerto, Jawa Timur yang terletak di Jl.Raya Tangunan No.10 Kec.Puri Kab.Mojokerto Jawa Timur. Lokasi MI tersebut  dengan kampus Fakultas sains dan teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, berjarak sekitar 36 KM dan dapat ditempuh dalam waktu 90 menit perjalanan. Perkembangan MI Muhammadiyah Tangunan saat ini masih terbilang sekolah yang belum berkembang. Pada tahun ini, Jumlah peserta didik di Madrasah termasuk dalam golongan yang sedang, yaitu 100 siswa  yang terbagi dalam 6 angkatan, yaitu kelas 1 sampai kelas 6, dengan rata-rata setiap angkatan jumlah muridnya sekitar 15 murid. Hasil dari pertemuan yang dilakukan oleh tim abdimas dengan kepala sekolah MI tersebut, maka dapat diberikan kesimpulan bahwa masih adanya guru dan Tenaga Usaha yang masih belum memanfaatkan teknologi informasi khususnya aplikasi canvas. Dengan adanya permasalahan yanga ada, maka Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan media canvas yang akan diikuti oleh guru dan karyawan. Untuk itu pada kegiatan ini terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu observasi, Diskusi, Dokumentas, Pelatihan Keterampilan dan evaluasi, serta follow up kepada guru-guru MI Muhammadiyah Tangunan. Target yang akan direncanakan adalah guru-guru dapat memahami mengenai cara mengaplikasikan Canvas.

Referensi

S. Maharsi, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen,” J. Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 2, pp. 127–137, 2000, doi: 10.9744/jak.2.2.pp.127-137.

L. H. Adha, Z. Asyhadie, and R. Kusuma, “Indonesia Industrial Digitalization and Its Impact on Labor and,” J. Kompil. Huk., vol. V, no. 2, p. 32, 2020.

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., vol. 1, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.30870/gpi.v1i2.9405.

S. Dasar, D. I. Teluk, B. Utara, and B. Lampung, “http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia | e-ISSN 2715-6125 | p-ISSN 2715-6133,” no. 1, pp. 67–76.

P. R. Pramungkas, “Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Information Communication Technology ( Ict ) Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Lingkungan,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–18, 2020.

A. Adnan, “Journal of English Language Teaching The Correlation between Students ’ Speaking Anxiety and Their Speaking Ability,” vol. 10, no. 1, pp. 121–128, 2021, doi: 10.24036/jelt.v10i3.113446.

A. S. Handayani, N. L. Husni, Lindawati, Hj.Lindawati, and C. RS, “SURVEY PEMANFAATAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PONPES ARRAHMAN PALEMBANG,” p. 2018, 2018.

A. S. Handayani, N. L. Husni, and L. Lindawati, “Aplikasi Buku Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Ponpes Ar-Rahman Palembang,” Annu. Res. Semin. 2018 Fak., pp. 7–13, 2018, [Online]. Available: http://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars/article/view/1943.

R. Setiyowati, D. Retno Sari Saputro, and P. Widyaningsih, “Pelatihan Pembuatan Peta Digital Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Desa Rejoso,” J. Pengabdi. Masy. APTEKMAS, vol. 4, no. 4, pp. 51–56, 2021.

Y. Apriani, W. A. Oktaviani, and A. A. Rasyad, “Ipteks Untuk Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (Lkc) Dompet Dhuafa Palembang,” … J. Pengabdi. Kpd. …, vol. 2, pp. 21–24, 2019.

S. Wiguna, I. S. Ramadhani, P. Studi, and P. Agama, “Sosialisasi Model Mengajar Interaksional Bagi.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03