PELATIHAN METODE EVERY IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERFIKIR KREATIF BAGI GURU DI MTS MUHAMMADIYAH TANJUNG PURA

Penulis

  • Muammar AlQadri Sekolah Tinggi Jamiyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Putri Angriani
  • Ade Yuslina

Kata Kunci:

Metode; every is a teacher here; berfikir kreatif

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan konsep dan berfikir kreatif bagi guru dengan metode every is a teacher here Mts, Muhammadiyah Tanjung Pura jenis kegiatan ini adalah tindakan kelas. Subjek kegiatan pelatihan  ini adalah siswa  dan guru yang berjumlah 38 orang. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi yang meliputi pemberian wawancara kepada kepala sekolah di peroleh dari lembar observasi. lembar tersebut diberikan sebanyak satu kali pada setiap akhir siklus. Setelah diberikan tindakan melalui metode every is a teacher here dalam tindakan kelas di laksanakan di MTs Muhammadiyah dari hasil observasi kegiatan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I. Pada siklus I siswa memperleh nilai 30%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menguasai konsep dan berfikir kreatif bagi guru siswa yakni 85% meningkat sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwasa metode pembelajaran every is a teacher heremenurut guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Muhammadiyah Tanjung Pura, dianggap baik. Dengan demikian penerapan metode every is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berfikir kreatif bagi guru.

Referensi

Effendi, Mukhlison. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam. (7) ( 2) Oktober 2001.

Fikriani, Tiara. “Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu”. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. 2, (2) 2017. 94.

Haryoko Sapto. Efektivitas Media Audio-Visua Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi, 5 (1), Maret 2019.

Syaiful, Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta.

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Tahzah Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Panca Budi Utama.

Nana, Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-09-02