EDUKASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN DIABETES MELITUS PADA KADER POSYANDU DI RT. 18 RW. 05 KELURAHAN LANJAS KECAMATAN TEWEH TENGAH

Penulis

  • Jeany Zuliana Universitas Ahmad Dahlan
  • Septian Emma Dwi Jatmika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4452

Kata Kunci:

Edukasi, Diabetes Melitus, flyer, pengetahuan

Abstrak

Permasalahan kesehatan yang terjadi di RT. 18 RW. 05 Keluruhan Lanjas adalah Diabetes Melitus. Kurangnya pengetahuan terkait tipe, gejala, faktor risiko, dan kurang memperhatikan perilaku hidup yang sehat seperti rajin mengkonsumsi makanan yang manis, merokok, kurang melakukan aktivitas fisik, dan tidak rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah menjadi penyebab masalah kesehatan Diabetes Melitus di RT. 18 RW. 05 Kelurahan Lanjas. Promosi kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian kepada kader posyandu RT. 18, kelurahan lanjas dilakukan dengan memberikan edukasi terkait Diabetes Melitus dengan menggunakan media edukasi berupa flyer. Tujuan penyuluhan diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait Diabetes Melitus dan menambah kesadaran masyarakat RT. 18, Kelurahan Lanjas untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Metode yang dilakukan pada kegiatan penyuluhan meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang dicapai dari kegiatan penyuluhan yaitu terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebelum diberikan penyuluhan Diabetes Melitus didapatkan hasil pre test peserta dengan kategori rendah sebesar 20% dan kategori tinggi sebesar 10%, sedangkan setelah diberikan penyuluhan didapatkan hasil post test seluruh peserta masuk dalam kategori tinggi sebesar 100%. Diharapkan kepada kader dan pihak puskesmas terkait dapat bekerjasama untuk melakukan kegiatan penyuluhan Diabetes Melitus secara berkala sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Diabetes Melitus. 

Referensi

Veridiana, N. N and Nurjana, M. A, “Hubungan Perilaku Konsumsi dan Aktivitas Fisik dengan Diabetes Mellitus di Indonesia,” Bul. Penelit. Kesehat., vol. 47, no. 2, pp. 97–106, 2019.

Rahmasari, I and Wahyuni, E. S, “Efektivitas Momordica Carantia (Pare) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah,” J. Ilm. Rekam Medis dan Inform. Kesehat., vol. 9, no. 1, pp. 57–64, 2019.

Alhidayati, Rasyid, Z, Syukaisih, Christina, V. G, and Tini, L, “Pengabdian Masyarakat Melalui Penyuluhan Kesehatan dan Senam Diabetes Melitus Pada Komunitas DM Di RS. Prof. Dr. Tabrani Kota Pekanbaru,” ARSY Apl. Ris. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 142–148, 2021.

Hazni, R, Gustiawan, R, Zulfian, Sri M. P. L, Resti, A, and Ni Putu, S, “Penyuluhan Diabetes Mellitus Di Puskesmas Rawat Inap Sukaraja Bandar Lampung,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 181–187, 2021.

Hidayah, M and Sopiyandi, “Efektifitas Penggunaan Media Edukasi Buku Saku Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Diet Pasien Rawat Jalan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas,” Pontianak Nutr. J., vol. 01, no. 02, pp. 66–69, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03