PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKM DI KELURAHAN MAJALENGKA BANDUNG

Penulis

  • Heni Iswati Universiitas Budi Luhur
  • Nora Adriana Brabo Universiitas Budi Luhur
  • Rinny Meidiyustiani Universiitas Budi Luhur
  • Eny Retnoningrum Universiitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4350

Kata Kunci:

UMKM, Harga Jual, Harga Pokok Produksi

Abstrak

Para pelaku usaha Miniatur, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah berkontribusi secara keseluruhan dalam perputaran keuangan. Untuk situasi ini, bisnis mereka mempertahankan banyak pekerjaan di distrik mereka yang terpisah. Ini sangat berguna bagi otoritas publik dalam upayanya untuk mengurangi angka pembangunan dan meringankan kemiskinan. Tinjauan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana UKM di Kota Majalengka Kota Bandung menentukan harga pokok penjualan dan biaya pembuatan serta memberikan usulan dalam memahami ilmu pembukuan. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa UMKM di Kota Majalengka Kota Bandung dalam menentukan biaya produksi masih belum meningkat karena biaya produksi yang harus dipertimbangkan tidak diperhitungkan. Dengan cara ini, biaya penjualan barang yang tidak benar-benar ditetapkan menjadi terlalu rendah dari yang seharusnya, membawa pengurangan manfaat yang dapat diperoleh. Oleh karena itu, teknik penentuan harga pokok barang bagi UMKM di Kota Majalengka Kota Bandung akan sangat membantu dalam menciptakan harga pokok penjualan barang dan keuntungan normal.

Referensi

Aufar, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM M (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung).

Wardhani, K. N. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan. Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif ... UMKM. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Muliyani Mia. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Hanif, M. (2012). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Mulyadi. (2007). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Kotler, P. and K. L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Bahasa, Alih Indeks., Oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT.

Hetika, H., & Sari, Y. P. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada Umkm Di Kota Tegal. Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 8(1), 303. https://doi.org/10.30591/monex.v8i1.1272

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Anggraeni F.D., Hardjanto I & Hayat A. (2015). “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha ‘Emping Jagung’ di Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing, Kota Malang)”,. Jurnal Administrasi Publik, 01 nomor 0.

Dimas Hendika Wibowo, Zainul Arifin, Sunarti. (2015). “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)”,. 29 nomor 0.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02