CULTIVATOR UNTUK KELOMPOK TANI DESA MUHAJIRIN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Penulis

  • Novarini Novarini Politeknikjambi
  • Sandi Susanto Politeknik Jambi
  • Iko Fransisco Siregar Politeknik Jambi
  • Sandra Lasmana Politeknik Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3984

Kata Kunci:

cultivator, kelompok tani, hemat bahan bakar

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini akan mensolusikan permasalahan kelompok tani Desa Muhajirin yang selama ini terkendala dengan penyewaan cultivator guna membajak kebun pertaniannya. Desa Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi merupakan daerah perkebunan sehingga hasil perkebunan merupakan satu-satunya sumber pendapatan masyarakat sebagai sumber kehidupan sehari-hari. Jenis tanaman perkebunan yang ditanam adalah cabai, terong, sawi dan kacang panjang. Penyewaan cultivator bagi petani masih terasa berat karena nilai sewa yang masih cukup tinggi dan juga pengeluaran bahan bakar bagi cultivator itu sendiri. Pengeluaran biaya sewa dan bahan bakar cultivator mengambil proporsi yang cukup besar dalam biaya penjualan hasil panen. Kendala ini tersolusikan dengan memfasilitasi kelompok tani dengan membuatkan cultivator yang memiliki rangka ringan sehingga konsumsi bahan bakar juga dapat dikurangi. Biaya penggunaan bahan bakar untuk penggemburan tanah pertanian dan sewa cultivator  saat  memulai penanaman bisa dihemat sebesar Rp. 3.257.370. Pengurangan nilai yang dihemat ini mengurangi modal tani sehingga harga jual hasil panen dapat bersaing di pasaran. Hasil pelatihan penggunaan dan perawatan cultivator serta pendampingan secara terus menerus membuat kelompok tani bisa paham dan mandiri. Dengan pemahaman dan telah terbukanya pola fikir petani diharapkan petani kedepannya akan lebih kreatif dalam menjalani profesi tani sehingga efek panjangnya petani akan sejahtera.

Referensi

“pemprovjambi.pdf.” [Online]. Available: https://jambiprov.go.id/profil-sekilas-jambi.html.

“dpkp.pdf.” [Online]. Available: https://dpkp.jambikota.go.id/bbh/.

M. A. Rizza, R. Monasari, Z. F. Emzain, and L. Agustriyana, “Pertanian Tanaman Jagung dengan Alat Penyiang bagi Petani Jagung Desa Pulungdowo Kabupaten Malang,” JPKMI (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 262–271, Nov. 2020, doi: 10.36596/jpkmi.v1i4.112.

E. Kingwell-Banham and D. Q. Fuller, “Shifting cultivators in South Asia: Expansion, marginalisation and specialisation over the long term,” Quat. Int., vol. 249, pp. 84–95, 2012, doi: 10.1016/j.quaint.2011.05.025.

Z. Mardinata and Z. Zulkifli, “Analisis Kapasitas Kerja Dan Kebutuhan Bahan Bakar Traktor Tangan Berdasarkan Variasi Pola Pengolahan Tanah, Kedalaman Pembajakan Dan Kecepatan Kerja,” J. Agritech, vol. 34, no. 03, p. 354, 2014, doi: 10.22146/agritech.9465.

T. Hartoyo, M. I. Mamoen, U. Atmaja, and H. Nuryaman, “Komparasi Efisiensi Penggunaan Traktor, Ternak Kerbau Dan Tenaga Manusia Dalam Pengolahan Lahan Usahatani Padi,” 2019.

S. Uslianti, T. Wahyudi Universitas Tanjungpura, and J. ProfDrH Hadari Nawawi Pontianak, “TRAKTOR CULTIVATOR MINI UNTUK GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) LIMBUNG INDOMAKMUR,” Univ. Muhammadiyah Pontianak, vol. 15, no. 1, pp. 8–13, 2018.

Enzo W. B. Siahaan, “DISAIN DAN PABRIKASI MESIN PLANTING BENIH JAGUNG DENGAN SISTEM CULTIVATOR,” Juitech, vol. 2, no. 1, 2018.

“pertamina.pdf.” [Online]. Available: https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/daftar-harga-bbk-tmt-18-september-2021-Zona-all.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02