PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU USAHA BATIK ECOPRINT

Penulis

  • NURUL ISTIFADHOH Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur
  • Irdatul Wardah STEI Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur
  • Triyas Stikoma STEI Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.3480

Kata Kunci:

Marketing, Digital Marketing, Business Actor, Batik, Ecoprint

Abstrak

Dampak di era digital telah memberikan perubahan pada dinamika kehidupan suatu usaha, dan tidak menutup kemungkinan bahwasannya perkembangan usaha saat ini jauh lebih mudah dan cepat. Hal tersebut tak lepas dari peran digital marketing, yang memiliki peran untuk memperkenalkan maupun memasarkan produk dari produsen kepada konsumen melalui penggunaan tekhnologi.  Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang manfaat digital marketing yang mampu mendorong dan mendukung pengembangan usaha batik ecoprint. Metode yang digunakan menggunakan dua pendekatan yaitu penyuluhan yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan tekhnologi serta praktik penggunaan digital marketing. Dan memperoleh hasil yang mana peserta secara antusias mampu memahami dengan jelas mengenai strategi pemasaran dan tekhnologi, terbentuknya motivasi pada diri peserta yang didukung dengan kemampuan dan keterampilan yang baik serta bertambahnya semangat peserta dalam berwirausaha batik ecoprint dengan menggunakan sarana pemasaran digital marketing. Sehingga kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat serta kemaslahatan bagi peserta dan masyarakat sekitarnya.

 

Referensi

A. Priangani, “Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global,†J. Kebangs., vol. 2, no. 4, 2013.

T. M. Tamtelahitu, A. J. Luturmas, B. V. Batlajery, C. Sameaputtyi, and A. N. A. Augustyn, “Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan dan Pemasaran Produk di Kelompok Mama Romi,†Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, 2021, doi: https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3309.

W. Maryati and I. Masriani, “PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI MUDA DALAM BERWIRAUSAHA: STRATEGI MENGUATKAN PEREKONOMIAN,†MEBIS, vol. 4, no. 2, 2019, doi: https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.62.

V. P. Fauzi, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru,†JOM FISIP, vol. 3, no. 1, 2016.

A. O. Siagian, R. Martiwi, and N. Indra, “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital,†J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.32493/jpkpk.v3i3.4497.

A. Arfian, A. Yoerani, A. A. Yana, J. Siregar, and Syafrianto., “Pelatihan Desain Produk Pemsaran Digital pada Pemuda Karangtaruna Desa Cikarageman Selama Covid-19,†Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, 2021, doi: https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3370.

I. Ariyanti, N. Novita, D. Khairunnisa, and A. Ganiardi, “Website Sebagai Sarana Promosi UKM Sopyan,†Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, 2020, doi: https://doi.org/10.36257/apts.v3i3.2125.

A. Kwartama, “Aspek Digitalisasi dalam Peningkatan Marketing Pada Perusahaan Jasa Angkutan Laut (Studi Kasus PT. Yicheng Logistics- Jakarta),†Manaj. dan Teknol. Marit., vol. 2, no. 2, 2021.

A. M. Arini and Ambar, Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta, 2011.

D. P. Sedjati and V. T. Sari, “Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil,†Corak, vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2019, doi: 10.24821/corak.v8i1.2686.

E. Saptutyningsih and D. T. K. Wardani, “Pemanfaatan Bahan Alami untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo,†War. LPM, vol. 22, no. 1, 2019, doi: 10.23917/warta.v21i2.6761.

A. I. Rahutami, R. Hastuti, W. Kekalih, and S. Purnama, “Ecoprint: Pemanfaatan Tumbuhan Di Alam Bandungan untuk Menciptakan Nilai Tambah Pada Kain,†UNIKA Soegipranata Semarang, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-03

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.