ANALISA EFISIENSI PENYARINGAN DENGAN VARIASI BENTUK ALUR DAN KEMIRINGAN SARINGAN PADA MESIN VIBRATION GRADING NUT

Main Article Content

MUHAMMAD HAFIZ IRAWAN
Dicky seprianto
Eka Satria M

Abstract

T Lambang Bumi Perkasa merupakan industri pengolah buah sawit, di bagian stasiun pengolahan inti terdapat mesin vibration grading nut yang berfungsi untuk menyaring biji sawit, pada mesin tersebut selalu terjadi tersangkutnya biji atau inti sawit di sela-sela saringan sehingga mengganggu proses penyaringan juga mengurangi produktifitas inti sawit. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap saringan pada mesin tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengujian pada sebuah prototipe mesin vibration grading nut untuk mengetahui bentuk saringan dan kemiringan yang baik untuk proses penyaringan guna meningkatkan produktifitas perusahaan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 20 kg sampel dengan masing-masing variasi dilakukan 5 kali uji dan setiap uji menggunakan 1 kg sampel. Variasi pengujian terdiri dari bentuk alur menggunakan round bar (bentuk bulat/silinder pejal) dan bentuk angle bar (bentuk siku) serta kemiringan 8 derajat dan 14 derajat. Data yang diperoleh dilakukan uji ANOVA Multivariate dengan menggunakan SPSS. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa bentuk alur yang baik adalah bentuk siku dan kemiringan yang baik adalah 8 derajat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IRAWAN, M. H., seprianto , D., & Satria M, E. . (2021). ANALISA EFISIENSI PENYARINGAN DENGAN VARIASI BENTUK ALUR DAN KEMIRINGAN SARINGAN PADA MESIN VIBRATION GRADING NUT. MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 2(2), 83–90. https://doi.org/10.5281/zenodo.5812345
Section
Articles

References

Azis, D.Z. dan Rivai, M. 2018. Alat Sortir Biji Kopi Berbasis Metode Getaran Menggunakan Arduino Due. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Huda, F. dkk. 2010. Perancangan, Pembuatan dan Pengujian Mesin Pengayak Pasir dengan Metode Eksitasi Massa Tidak Seimbang. Pekanbaru: Universitas Riau.

Mardhiah, A. 2013. Menghitung Losses Inti Pada Fybre Cyclone. Aceh: Universitas Malikussaleh.

Mujianto, H. dan Rahmi, M. 2019. Pengaruh Sudut Kemiringan (Inklanasi) Terhadap Unjuk Kerja Ayakan Getar (Vibrating Screen). Banyuwangi: Universitas PGRI Banyuwangi.

Purnosidi. 2018. Definisi Besi Assental dan Manfaat Penggunaanya dalam Konstruksi. nikifour.co.id: https://nikifour.co.id/besi-assental-dan-manfaat-penggunaanya-dalam-konstruksi. Diakses pada 6/1/2021.

Ramadhan, A.T.L. 2018. Alat dan Proses Pengolahan Kelapa Sawit di PKS Pasir Mandoge PT. Perkebunan Nusantara IV. Yogyakarta: Politeknik LPP.

Suandi, A. 2016. Analisa Pengolahan Kelapa Sawit dengan Kapasitas Olah 30 ton/jam di PT. BIO Nusantara Teknologi. Kota Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Sumardi, O. 2017. Pegertian Kekasaran Permukaan Lengkap. http://sweetworldcorps.blogspot.com/2017/08/pengertian-kekasaran-permukaan-lengkap.html?m=1. Diakses pada 11/1/2021.

Yanto, A. 2013. Analisa Unjuk Kerja Pengayak Getar Sebagai Sistem Getaran Dua Derajat Kebebasan Terhadap Pengayakan Abu Sekam Padi. Padang: Institut Teknologi Padang.

Zulfikri, dkk. 2019. Pembuatan Mesin Sortir Biji Kopi Menggunakan Mekanisme Getar dengan Daya 1 HP. Buketrata: Politeknik Negeri Lhokseumawe.