STUDI POTENSI PENGUNAAN LAPISAN SENDOK STAINLESS STEEL SEBAGAI ELEKTRODA PENGHANTAR ARUS PADA PROSES KONVERSI AIR MENJADI BAHAN BAKAR GAS HHO
Keywords:
generator HHO, elektrolisis, efesiensi bahan bakar, daya, emisi gas buangAbstract
Generator HHO ( Hidrogen-Hidrogen-Oksigen ) dengan konsentrasi larutan 20 gram NaOH dalam 1 liter air murni pada penelitian ini menggunakan prinsip elektrolisis yang mudah dan murah untuk dikerjakan secara perorangan dengan memanfaatkan lapisan sendok sebagai elektroda penghantar arusnya. Hasil dari penelitian penggunaan generator HHO ini adalah: efesiensi penggunaan bahan bakar meningkat untuk semua variabel putaran yang diukur, yaitu antara 3,8% ( 3000 rpm ) hingga 20% ( 5000 rpm ). Konsumsi bahan bakar spesifik menurun pada semua variabel pengujian, sehingga didapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar spesifik terendah pada 9000 rpm sebesar 7,256 % ( 3,65 gr/HP.jam ) dan tertinggi pada 9500 rpm sebesar 40,25 % ( 80,2 gr/HP.jam ). Daya maksimum yang dihasilkan 0,7 % ( 0,1 HP ) dan torsi maksimum juga meningkat 0,4 % ( 0,06 Nm ). Sedangkan kadar CO turun hingga 80,85 % ( pada 1500 rpm ), kadar CO2 turun hingga 25 %( pada 2000 rpm ), kadar HC turun hingga 97,87 % ( pada 4000 rpm ) dan O2 meningkat hingga 61,93 % ( pada 2000 rpm ). Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan lapisan sendok sangat potensial sebagai elektroda penghantar arus pada generator HHO.Downloads
References
2. Arianto, Dily Yuniar, 2009. Pengujian Dan Pemasangan Tabung Tenaga Untuk Efesiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Jenis Suzuki Smash FD 110 cc. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.
3. Firmansyah, Rachmat Harris, 2008. Penelitian Kestabilan dan Panjang Nyala Api Premix Akibat Variasi Diameter Dalam Ring Menggunakan Gas Propana pada Bunsen Burner. Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.
4. Kamil, Ahmad Fauzie Ilman, 2008. Analisis Penggunaan Venturi Mixer 12 Lubang Menyilang Terhadap Perubahan Performa Dan Emisi pada Sepeda Motor 4 Langkah/125 cc Dengan Penambahan LPG ( Propana 4,58% dan Butana 83,14% ). Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.
5. Muttaqien, Amirrul, 2009. Pemasangan dan Pengujian Tabung Tenaga Untuk Mendapatkan Efisiensi Penggunaan Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Jenis Honda Supra 125 cc. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.
6. Putra, Dhika Ramadhanny, 2009. Kajian Eksperimental Pengaruh Penggunaan Gas Hasil Elektrolisis Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel . Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, FTK, ITS. ISSN 2085-1286 43
7. Putro, Cahyo Pambudi Laksito, 2009. Pengujian Dan Pemasangan Tabung Tenaga Pada Sepeda Motor Honda CB 100 Untuk Efisiensi Bahan Bakar. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.
8. Sparingga.RA.,& Intang.A, 2012. Analisa Perbedaan Kadar Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Merk Mio Soul Yang Menggunakan Bahan BAkar Premium Dan Pertamax. Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tamansiswa Palembang.
9. Sudirman, Urip, 2008. Hemat BBM Dengan Air. Jakarta, Kawan Pustaka.
10. http://lontar.ui.ac.id diakses pada 11 Mei 2013 pukul 01:41.
11. http://www.mynorival.com/2013/03/afrsebagai-kunci-utama-performayang.html diakses pada 11 Mei 2013 pukul 02:00.
12. http://ecopowerbooster.blogspot.com/2012/04/eco-power-booster-penghematbbm-hingga.html diakses pada 28 Mei 2013 pukul 13:00.
13. http://www.esdm.go.id diakses pada 28 Mei 2013 pukul 15:48.
14. http://skripsi.umm.ac.id diakses pada 27 Mei 2013 pukul 10:55.
15. http://id.wikipedia.org/wiki/Hidrogen
16. https://id.wikipedia.org/wiki/Oksigen
17. http://www.astra-honda.com/gallery-foto/corporate-social-responsibility-2013/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the AUSTENIT right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
AUSTENIT, the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in AUSTENIT are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.