ANCANG BANGUN PENGECORAN SQUEEZE DENGAN PENEKANAN PUTARAN ULIR

Main Article Content

Indra HB
Zainuddin Zainuddin

Abstract

Proses pengecoran Squeeze lebih dikenal sebagai proses high pressure casting. Teknik ini merupakan kombinasi dari proses forging dan casting, dimana logam cair dalam cetakan dibentuk dan membeku di bawah tekanan mekanis yang tinggi. Hasil proses ini memiliki sifat mekanis, permukaan, kepadatan, dan keakuratan dimensi yang sangat baik. Teknik squeeze casting merupakan teknik pengecoran alumunium yang paling efektif, terutama untuk produk-produk berukuran kecil dan memerlukan kecepatan produksi yang tinggi. Tekanan mekanis bisa didapat dengan menggunakan putaran dari poros yang berulir yang diputar secara manual sebagai penekan dies. Dengan diameter rata-rata ulir 23 mm dan diameter specimen 70 mm didapat besarnya tekanan untuk satu kali putaran adalah 14,9 Mpa. Parameter yang mempengaruhi spesimen hasil cetakan adalah variasi suhu awal cetakan dan banyaknya putaran yang dilakukan. Spesimen hasil pengecoran yang terbaik dicapai dengan melakukan tiga kali putaran dari batas cetakan dan pemanasan cetakan sampai 3000 C, dimana terjadi peningkatan nilai kekerasan dan butir-butir sehingga porositas dapat dikurangi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HB, I., & Zainuddin, Z. (2014). ANCANG BANGUN PENGECORAN SQUEEZE DENGAN PENEKANAN PUTARAN ULIR. AUSTENIT, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4546673
Section
Articles
Author Biographies

Indra HB, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

Zainuddin Zainuddin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Mesin POLSRI

References

1. John., Campbell., CASTINGS. Butterworth – Heineman LTD, 1991.
2. Duskiardi, Tjitro, S., Pengaruh Tekanan dan Temperatur Die Proses Squeeze Casting Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Pada Material Piston Komersial Lokal. Jurnal Mesin Universitas Bung Hatta Padang, 2002.
3. Firdaus,Sunardi,dan Iskandar., Pengaruh Parameter Proses Pengecoran Squeeze Pada Produk Flens Motor Sungai. Politeknik Negeri Sriwijaya, 2003
4. Paul De Garmo, Black. JT, Kohser. R.A, Klamecki. BE. Materials and Processes in Manifacturing, Ninth Edition, Willey. USA.
5. Tjitro, S. dan Firdaus. Pengecoran Squeeze. Universitas Kristen Petra. http://puslitpetra.ac.id.Oktober 2009.
6. Vijian, P, Arunachalam. ExperimentalStudy of Squeeze Casting of Gunmetal, Journal of Materials Processing Teknologi. 2005.
7. Yohannes, G, Djamil, S. Pengaruh Degasser dan Grain Refiner Terhadap Sifat Mekanik Paduan Al Si Produk Cor. http://www.journaluii.ac.id/induk. 11-11-2009.
8. WWW. Lontar .ui .ac 24- 4 – 2010