AKU ANAK SEHAT, MELALUI SOSIALISASI PENTINGNYA SARAPAN KEPADA SISWA SD N 09 KANAGARIAN SIJUNJUNG

Penulis

  • Eka Desnita Universitas Baiturrahmah
  • Yahdian Rasyadi Universitas Baiturrahmah
  • Fidiriani Sjaff Universitas Baiturrahmah
  • Indi Dinah Khansa Universitas Baiturrahmah
  • Cecilia Universitas Baiturrahmah
  • Azizah Nurhanifah Universitas Baiturrahmah

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v6i1.6531

Kata Kunci:

pentingnya sarapan, anak sehat, sijunjung, siswa SD

Abstrak

Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang sedang tumbuh dan mengalami perkembangan otak yang sangat tergantung pada asupan makanan secara teratur sehingga anak usia sekolah diharuskan untuk sarapan setiap hari. Asupan energi dan zat-zat gizi yang cukup setiap harinya dapat menunjang serta meningkatkan konsentrasi belajar, mental, fisik pada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk sosialisasi mengenai pentingnya sarapan kepada siswa SDN 09 Kenagarian Sijunjung agar menjadi anak sehat. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2022 di SDN 09 Kenagarian Sijunjung. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialsiasi materi mengenai pentingnya sarapan, sosialsiasi materi mengenai kebutuhan gizi pada saat pertumbuhan anak, tanya jawab, dan pembagian sarapan kepada siswa SD. Dari kegiatan ini siswa SD menjadi tahu akan pentingnya sarapan, dan mendapatkan sarapan pagi agar dapat berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan kelas pada hari tersebut. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan ini siswa SD menjadi mengerti bahwa sarapan itu penting agar menjadi anak sehat karena sarapan penting dalam masa pertumbuhan untuk mencukupi nilai gizi harian

Referensi

Olsa, E.D., Sulastri, D., & Anas, E.. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Kejadian Stunting Pada Anak Baru Masuk Sekolah Dasar di Kecamatan Nanggalo Jurnal Kesehatan Andalas. 6 (3): 523-529.

Waryono. 2010. Gizi Reproduksi. Yogyakarta

Syilga ,Cahya Gemily. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebiasaan Dan Kualitas Sarapan Siswa Kelas V Di Sdn Sendangmulyo 04 Kecamatan Tembalang,

Ananda KS., Fatanti M.N., Prabawangi R.P., Yuniar A.D. 2021. Peningkatan Kesadaran Beretika Di Media Sosial Bagi Peserta Didikpada Sekolah Menengah Atas Di Kota Malang. Aptekmas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4 (4): 79-85.

Haryati S, Bustan M.D, Iryani S.I, Amalia F. 2022. Sosialisasi Kegunaan Petai Cina Sebagai Obat Diabetes Pada Siswa Sman 10 Palembang. Aptekmas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 5 (4): 18-21.

Latumakulita G., Pote L.L., Bulin C.D.Q.M. 2022. Pembelajaran Ipa berbentuk Lomba Bagi Murid Sekolah Dasar Di Kelurahan Naioni Kupang. Aptekmas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 5 (2): 13-17.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-09