SOSIALISASI LKM TERINTEGRASI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DENGAN PERMAINAN TTS MODIFIKASI SMPN 38 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4177Kata Kunci:
lembar kerja mandiri, kontruktivisme, ttsAbstrak
SMPN 38 Padang berada di wilayah pedesaan membuat suasana di sekolah ini menjadi asri dan dekat dengan alam. Keadaan ini sangat nyaman dan baik untuk siswa belajar di sekolah. Namun keadaan lingkungan saja tentu tidak cukup. Perlu didukung dengan adanya bahan ajar yang dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Terutama mata pelajaran matematika. Dari observasi yang dilakukan, tim pengabdian tidak menemukan adanya bahan ajar matematika yang sedikit berbeda. Adanya hanya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun oleh tim MGMP. Untuk itu kami melakukan sosialisasi Lembar Kerja Mandiri (LKM) matematika terintegrasi pendekatan kontruktivisme dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) modifikasi pada siswa kelas VII SMPN 38 Padang dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa belajar matematika. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2021. Tim pengabdian membagikan LKM ini kepada seluruh siswa yang hadir. Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa sosialisasi berhasil dilakukan dengan indikator jumlah peserta, keaktifan peserta, ketercapaian tujuan kegiatan, dan ketercapaian pemahaman materi. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melakukan komunikasi dengan guru untuk memantau penggunaan LKM oleh siswa.
Referensi
Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar - Google Books. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/orQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+materi+pembelajaran&printsec=frontcover
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pem... - Google Books. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran_Dilengkapi_deng/adwwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+konstruktivisme&pg=PA241&printsec=frontcover
Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37, 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.309
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar - Google Books. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/orQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+materi+pembelajaran&printsec=frontcover
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.