SOSIALISASI LKM TERINTEGRASI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DENGAN PERMAINAN TTS MODIFIKASI SMPN 38 PADANG

Penulis

  • Dewi Devita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Lili Rismaini Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Wienda Gusta Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4177

Kata Kunci:

lembar kerja mandiri, kontruktivisme, tts

Abstrak

SMPN 38 Padang berada di wilayah pedesaan membuat suasana di sekolah ini menjadi asri dan dekat dengan alam. Keadaan ini sangat nyaman dan baik untuk siswa belajar di sekolah. Namun keadaan lingkungan saja tentu tidak cukup. Perlu didukung dengan adanya bahan ajar yang dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Terutama mata pelajaran matematika.  Dari observasi yang dilakukan, tim pengabdian tidak menemukan adanya bahan ajar matematika yang sedikit berbeda. Adanya hanya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun oleh tim MGMP. Untuk itu kami melakukan sosialisasi Lembar Kerja Mandiri (LKM) matematika terintegrasi pendekatan kontruktivisme dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) modifikasi pada siswa kelas VII SMPN 38 Padang dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa belajar matematika. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2021. Tim pengabdian membagikan LKM ini kepada seluruh siswa yang hadir. Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa sosialisasi berhasil dilakukan dengan indikator jumlah peserta, keaktifan peserta, ketercapaian tujuan kegiatan, dan ketercapaian pemahaman materi. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melakukan komunikasi dengan guru untuk memantau penggunaan LKM oleh siswa.

Referensi

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar - Google Books. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/orQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+materi+pembelajaran&printsec=frontcover

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pem... - Google Books. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran_Dilengkapi_deng/adwwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+konstruktivisme&pg=PA241&printsec=frontcover

Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37, 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.309

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar - Google Books. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/orQPEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+materi+pembelajaran&printsec=frontcover

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02