PELATIHAN AKUNTANSI DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN HARD SKILL SISWA SMK

Penulis

  • Bambang Tutuko Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Abdul Latif Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.5029

Kata Kunci:

Akuntansi Dasar, Hard Skill

Abstrak

Siswa SMK N 25 mengalami masalah dalam pembelajaran dan pengembangan ilmu akuntansi dasar seiring dengan pemahaman konsep akuntansi akhir-akhir ini terpengaruh oleh adanya International Financial Reporting Standard (IFRS). Perlu ada pemahaman mengenai laporan keuangan yang dapat diperoleh melalui pelatihan akuntansi dasar agar dapat meningkatkan kemampuan keilmuan akuntansi dasar. Pelatihan akuntansi dasar untuk meningkatkan hard skill siswa dapat memudahkan siswa dalam mengupgrade kemampuan menganalisis data laporan keuangan. Pelatihan di SMK N 25 ini  memberikan konsep akuntansi dasar agar siswa memiliki deskripsi dan pondasi dasar yang kokoh guna meminimalisir tingkat kesalahan para calon akuntan. Selanjutnya,  Kegiatan pelatihan ini bertujuan mengembangkan hard skill pada siswa agar dengan mudah memahami dan mengaplikasikan akuntansi dasar. Pengenalan dan pengembangan keilmuan akuntansi melalui pelatihan akuntansi dasar sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lulusan akuntansi yang kompeten dan kredibel. Siswa semakin memahami akuntansi dasar dengan menyelesaikan studi kasus yang diberikan. Akhirnya, siswa diarahkan membuat laporak keuangan dari studi kasus yang diberikan oleh pemateri.

Referensi

Sudirgo, T, “Pelatihan Akuntansi Dasar dan Problem Etikanya Bagi Siswa-Siswi SMA Bhineka Tunggal Ika Jakarta,” Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Tarumanegara: Jakarta, 2020.

Nandari, A. W. S., & Latrini, M. Y., “Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi, Penerapan Kode Etik, dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit,” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, vol. 10, no. 1, 164-181, 2015.

Diyah Santi Hariyani. “Pengantar Akuntansi I (Teori & Praktik)”, Malang: Aditya Media Publishing, 2016.

Aripratiwi, R. A., Ludigdo, U., & Achsin, M, “Memaknai Sikap Integritas Akuntan Publik di KAP “Cemerlang” Surabaya (Studi Fenomenologi),” Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, vol. 7, no. 1 , pp. 993-1002. 2017.

Khairina Ariyanti, “Analisis Laporan Keuangan sebagai Alat untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Dzaky Indah Perkasa Cabang Sungai Tabuk, “ JIEB (Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis), vol. 6, no. 2, pp. 218-226. 2020.

Poltak, Hendra dkk, “Peningkatan Kemampuan Pemasaran dan Pembukuan Sederhana di Desa Inovasi Kelautan dan Perikanan,” Aptekmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 5, no. 2, pp. 83-90. 2022.

Thomas Windodo, “Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan,” Tanggerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana, 2021.

Direktoral Bantuan Sosial, “Pedoman Pendampingan pada Perlindungan dan Trauma Center,” Jakarta: Departemen Sosial, 2007.

Iswati, Heni dkk, “Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi pada UMKM di Kelurahan Majalengka Bandung,” Aptekmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 4, no. 4, pp. 86-90. 2021.

Noviriani, Eliza dkk, “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan melalui Pemanfaatan Aplikasi Excel pada masjid Desa Lumbang,” Aptekmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 4, no. 4, pp. 107-118. 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03