PELATIHAN DESIGN THINKING PADA UMKM BINAAN KAMPUNG DIGITAL SENTRA KREASI

Penulis

  • Didit Widiatmoko Soewardikoen Universitas Telkom
  • Andreas Rio Adriyanto Universitas Telkom
  • Aria Ar Razi Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.5097

Kata Kunci:

Design Thinking, Pelatihan UMKM, Pengembangan produk

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia. Pandemi yang sudah berlangsung dua tahun dan masih berlangsung ini berdampak pada para pengusaha UMKM. Masalah yang sering dihadapi adalah pengusaha tidak siap menghadapi perubahan situasi yang tiba-tiba. Permasalahan ini terjadi pada pengusaha UMKM di Kabupaten Pameungpeuk dan sekitarnya yang tergabung dalam UMKM binaan Komunitas Sentra Kreasi Digital Village. Inovasi dan pengembangan produk atau jasa yang dapat merespon perubahan tersebut sangat dibutuhkan. Pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu pelatihan design thinking yang diharapkan mampu membuat para pengusaha memetakan kembali dan mengembangkan produknya melalui inovasi. Hasil dari pelatihan ini adalah untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan para pengusaha UMKM dalam mengembangkan produk atau jasa dalam menghadapi situasi disrupsi.

Referensi

https://www.republika.co.id/berita/r051cu328/menkop-umkm-tulang-punggung-pemulihan-ekonomi-nasional

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Koesoemadinata, dkk., (2021). Perancangan Dan Pelatihan Pengelolaan Website Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung, Jurnal Aptekmas Volume 4, Nomor 1-2021 https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/31697

Krisdiawan, R.A., dkk., (2022). Pemanfaatan TIK Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Sembawa Di Masa Pendemi Covid-19, Jurnal Aptekmas Volume 5, Nomor 2-2022 https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4335/2009

Sofiyana, M.S., dkk., (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jurnal Aptekmas Volume 4, Nomor 4-2021 https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3556/1732

Brown, T., & Katz, B. (2011). Change by design. Journal of Product Innovation Management. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2011.00806.x

Soewardikoen, D.W. (2021) Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta, PT Kanisius.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-03

Artikel Serupa

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.