PELATIHAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK DI PKBM HUDA WAN NUR

Penulis

  • Allif Syahputra Bania Universitas Samudra
  • Imran Universitas Samudra
  • Nursamsu Universitas Samudra
  • Fadlia Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3599

Kata Kunci:

Anak, Bahasa Inggris, Pelatihan, Sekolah Dasar, Stiker

Abstrak

PKBM Wan Nur mengutamakan pembelajaran bahasa inggris dasar bagi anak-anak. Anak-anak adalah mitra masa depan bangsa karena dengan kepemilikan skill berbahasa inggris maka pemimpin masa depan telah mewarisi tata cara berkomunikasi secara international di era globalisasi. Persoalan yang dihadapi terhadap permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu Meningkatnya kebutuhan pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak terutama di PKBM Huda Wan Nur, Perlunya pembinaan dan sosialisasi aktif dalam pembinaan minat belajar bahasa inggris di PKBM Huda Wan Nur dan Perlunya pemberdayaan pola pikir positif kepada guru tentang pentingnya bahasa inggris bagi anak-anak terutama di PKBM Huda Wan Nur. Dari hasil telaah permasalahan yang dihadapi,  maka  solusi  yang  dapat  diusulkan  untuk menyelesaiakan permasalahan yang ada adalah Pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak di PKBM Huda Wan Nur dan Peningkatan pemberdayaan media belajar secara digital dalam pemenuhan bahan ajar interaktif kepada anak-anak di PKBM Huda Wan Nur. Metode pelaksanaan adalah survei lapangan, penentuan jadwal, persiapan, penjelasan, pelatihan, dan evaluasi. Anak-anak sangat menikmati secara aktif dengan serius kegiatan pelatihan bahasa inggris dasar berkaitan dengan kata benda yang berupa gambaran hewan, buah dan bunga berteks bilingual yang memanfaatkan bahan ajar yang bisa diperoleh secara digital.

Biografi Penulis

Imran, Universitas Samudra

Pendidikan Bahasa Inggris

Nursamsu, Universitas Samudra

FKIP

Fadlia, Universitas Samudra

Pendidikan Bahasa Inggris

Referensi

Tamrin, A. F. dan Yanti, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan Di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Permata, N. N. dan Hadiani, D. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidik Misi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4). http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781

Susanthi, I. A. A. D. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service journal, 1(2), 64-70. http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658. 64-70

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260-267. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844

Widyahening, E. T. dan Ma’fiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Adiwidya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50-59. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3357

Cahyati, S. S., Parmawati, A. dan Atmawidjaja, N. S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Story Telling Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Smp Di Wilayah Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 2(2), 147-154. http://dx.doi.org/10.22460/as.v2i2p147-154.3265

Ariyanti, I., Novita, N., Khairunnisa, D. dan Ganiardi, A. 2020. Website Sebagai Sarana Promosi UKM SOPYAN. Aptekmas; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 24-28. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02