PELATIHAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK DI PKBM HUDA WAN NUR
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3599Kata Kunci:
Anak, Bahasa Inggris, Pelatihan, Sekolah Dasar, StikerAbstrak
PKBM Wan Nur mengutamakan pembelajaran bahasa inggris dasar bagi anak-anak. Anak-anak adalah mitra masa depan bangsa karena dengan kepemilikan skill berbahasa inggris maka pemimpin masa depan telah mewarisi tata cara berkomunikasi secara international di era globalisasi. Persoalan yang dihadapi terhadap permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu Meningkatnya kebutuhan pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak terutama di PKBM Huda Wan Nur, Perlunya pembinaan dan sosialisasi aktif dalam pembinaan minat belajar bahasa inggris di PKBM Huda Wan Nur dan Perlunya pemberdayaan pola pikir positif kepada guru tentang pentingnya bahasa inggris bagi anak-anak terutama di PKBM Huda Wan Nur. Dari hasil telaah permasalahan yang dihadapi, maka solusi yang dapat diusulkan untuk menyelesaiakan permasalahan yang ada adalah Pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak di PKBM Huda Wan Nur dan Peningkatan pemberdayaan media belajar secara digital dalam pemenuhan bahan ajar interaktif kepada anak-anak di PKBM Huda Wan Nur. Metode pelaksanaan adalah survei lapangan, penentuan jadwal, persiapan, penjelasan, pelatihan, dan evaluasi. Anak-anak sangat menikmati secara aktif dengan serius kegiatan pelatihan bahasa inggris dasar berkaitan dengan kata benda yang berupa gambaran hewan, buah dan bunga berteks bilingual yang memanfaatkan bahan ajar yang bisa diperoleh secara digital.
Referensi
Tamrin, A. F. dan Yanti, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan Di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673
Permata, N. N. dan Hadiani, D. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidik Misi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4). http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781
Susanthi, I. A. A. D. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service journal, 1(2), 64-70. http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658. 64-70
Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260-267. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844
Widyahening, E. T. dan Ma’fiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Adiwidya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50-59. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3357
Cahyati, S. S., Parmawati, A. dan Atmawidjaja, N. S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Story Telling Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Smp Di Wilayah Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 2(2), 147-154. http://dx.doi.org/10.22460/as.v2i2p147-154.3265
Ariyanti, I., Novita, N., Khairunnisa, D. dan Ganiardi, A. 2020. Website Sebagai Sarana Promosi UKM SOPYAN. Aptekmas; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 24-28. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.