Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-03-14. Baca versi terbaru.

PELATIHAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI ERA NEW NORMAL BAGI GURU-GURU SD 020 RAMBAH HILIR

Penulis

  • Pipit Rahayu Universitas Pasir Pengaraian
  • Eripuddin Universitas Pasir Pengaraian
  • Wirda Jannatul Jannah Universitas Pasir Pengaraian
  • Andri Donal Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4501

Kata Kunci:

E-learning, Media Pembelajaran Interaktif, Google Classroom, Zoom

Abstrak

Dalam bidang pendidikan, Pandemi Covid-19 ini berdampak cukup besar terlebih pada proses pembelajaran. Interaksi dan Proses tatap muka didalam kelas tidak dapat berlangsung sebagai mana mestinya. Oleh karenanya, beberapa kebijakan pemerintah di lembaga pendidikan untuk menghentikan mata rantai penyebaran covid-19 yaitu adanya himbauan agar semua siswa dan guru melaksanakan proses belajar dan mengajar dari rumah. Hal ini tentu menimbulkan permasalahan baru dimana kegiatan guru guru dalam mempersiapkan strategi, teknik dan media pembelajaran yang interaktif dengan jarak jauh melalui media online tentu belum semua dapat dikuasai. Terlebih, media pembelajaran interaktif yang ada sejauh ini banyak mengandalkan software-software atau program yang ada di computer dan internet. Bagi tenaga pengajar atau guru guru disekolah terlebih di pendidikan dasar, kompetensi dan ketrampilan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif sangat diperlukan begitu juga guru guru di SDN 020 Rambah Hilir. Dalam pelatihan ini, aplikasi yang disosialisasikan adalah aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting. Dengan adanya pelatihan ini target luaran yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi guru guru SDN 020 Rambah Hilir dalam menggunakan E-Learning sebagai media pembelajaran interaktif dalam mendukung proses belajar mengajar di Era New Normal saat ini.

Referensi

Ahmad, dkk (2020), Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur, JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter e-ISSN 2622-6928 | p-ISSN 2622-5387 Vol. 3 No. 1, Hal. 66-79

Nurany, F dkk (2021). Pendampingan Belajar Anak Usia Dini di Era Pandemi Covid-19. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.1 (2021)

Dani , Ersika Puspita, dkk (2020), Pelatihan Penggunaan Google Classroom Bagi Guru Mts Negeri 1 Deli Serdang Di Masa Pandemik Covid 19, JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT NUSANTARA (JPkMN) Vol:2 No.1 Hal :26-31

Romli, N.A, dkk (2021). Pelatihan Zoom Cloud Meeting dan Streaming Youtube untuk Pemberdayaan Komuitas Majelis Taklim Online. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.3 (2021)

Suhandiah, Sri, dkk (2020), Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z, Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4, No.1, Hal 108 – 117 ISSN 2528-4967 (print) dan ISSN 2548-219X (online)

W. Setiawan and A. Hatip, “Pelatihan Penggunaan Platform Pembelajaran di Era New Normal bagi Guru-Guru SD Islam Insan Mulia,†Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4.1 (2021)

Sukardi, (2018), Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo Di Smkn 2 Tulungagung, J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 6, Nomor 1, Juli Hal 39 – 48

Yunis, Roni (2017), Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS, JNTETI, Vol. 6, No. 1, ISSN 2301 – 4156

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-14 — Diperbaharui pada 2022-03-14

Versi

Artikel Serupa

<< < 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.