SOSIALISASI ALAT KESELAMATAN DAN MENGHINDARI FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN PERAHU NELAYAN DESA PANTAUAN

Penulis

  • puji amalia Politeknik Negeri Samarinda
  • Rusman Rusman Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda
  • Zainal Abidin Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda
  • Mika Patayang Jurusan Kemaritiman, Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i3.3401

Kata Kunci:

Kata kunci : keselamatan, alat keselamatan, nelayan

Abstrak

Sosialisasi alat keselamatan dan menghindari faktor penyebab kecelakaan perahu nelayan dilaksanakan di desa pantuan bersama dengan ketua dan kelompok nelayan dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga keselamatan saat bekerja (mencari ikan) untuk menghindari atau meminimalisir kecelakaan. Kegiatan dilaksanakan pada 08 dan 09 Juli 2021. Adapun tim pengabdian juga memberikan alat keselamatan kepada nelayan untuk dapat digunakan ketika melaut (mencari ikan). Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung dengan menjalankan protocol Kesehatan yang sangat ketat. Berdasarkan dari kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan berhasil dilakukan dengan indikator jumlah peserta, ketercapaian tujuan kegiatan, dan ketercapaian pemahaman materi. Adapun tindak lanjut program ini adalah menjaga komunikasi dengan ketua nelayan untuk memantau penggunaan alat keselamatan yang telah diberikan.   Kata kunci : keselamatan, alat keselamatan, nelayan

Referensi

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kutai Kartanegara. (2016). Kutai Kartanegara Dalam Angka Tahun 2016.

FAO. (2009). The State Of World Fisheries And Aquaculture 2008 Italy

Putra, R. S., Purwangka, F., & Iskandar, B. H. (2017). Pengelolaan Keselamatan Kerja Nelayan di PPI Batukaras Kabupaten Pangandaran. ALBACORE Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 1(1), 37-46.

Rahman, I., Mallapiang, F., & Fachrin, S. A. (2019). Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Saat Melaut Pada Penangkap Ikan Di Kelurahan Lappa Kecematan Sinjai Utara. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(6), 612-617.

Wallington, C. J. (1979). Training and Development Handbook: A Guide to Human Resource Development.

Sugara, A., & Nugroho, F. (2021). Sosialisasi Pemetaan Terumbu Karang Untuk Inventarisasi Ekowisata Bahari Dalam Perspektif Penginderaan Jauh Dan Sig. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-06