Analisa Alat Ukur Tinggi Badan Berbasis Internet of Things Menggunakan Sensor Ultrasonic

Teknik Elektronika

Penulis

  • Dike Musta Gunawan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Iskandar Lutfi
  • Faisal Damsi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8026579

Kata Kunci:

Tumit Kaki, Analisa Alat Ukur Tinggi Badan, Kecurangan, I

Abstrak

Alat Pengukur tinggi badan ialah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi. Skala ketinggian yang umum digunakan adalah tipe manual untuk membaca ketinggian yang diukur. Pengukuran secara manual di era modern saat ini sangat tidak efektif digunakan apabila digunakan dengan skala yang banyak, apalagi di era sekarang sudah banyak sekali alat-alat  yang sudah menggunakan digital. Keistimewaan alat pengukur tinggi badan otomatis ini adalah dapat dengan mudah mengukur tinggi badan banyak orang. Sistem operasi alat ini adalah mengukur tinggi badan secara otomatis, sehingga data pengukuran dapat disimpan secara otomatis ke dalam database. Dibandingkan dengan alat pengukur analog yang hanya mengukur satu saja dan tidak bisa menyimpan data pengukuran. Pada penelitian ini penulis membuat alat ukur tinggi badan otomatis berbeda dari pada umumnya. Penulis mengembangkan alat ukur tinggi badan otomatis sebelumnya dengan  menggunakan dua sensor ultrasonic. Sensor Ultrasonic yang pertama digunakan sebagai pengukur tinggi badan dan  ultrasonic yang kedua dipasang pada bagian bawah untuk mendeteksi bagian kaki untuk menghindari kecurangan dan juga menambahkan alas pada atas kepala agar pengukuran tinggi benar-benar akurat.   Kata kunci : Alat Ukur Tinggi Badan, Internet of Things, Sensors Ultrasonic

Referensi

Yusa M, Dwi Santoso J, and Sanjaya A, ‘IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN PENGUKUR TINGGI BADAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK’, vol. 3, no. 1, 2021.

S. Dwiyatno and I. Prabowo, ‘RANCANG BANGUN ALAT UKUR TINGGI BADAN DIGITAL MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO UNO’, vol. 4, no. 1, 2017.

Prayogie Aziz, Anita Fauziah, and Syamsul, ‘ALAT PENGUKUR TINGGI DAN BERAT BADAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC DAN LOADCELL BERBASIS INTERNET OF THINGS’, vol. 6, no. 1, 2022.

Y. Efendi, ‘INTERNET OF THINGS (IOT) SISTEM PENGENDALIAN LAMPU MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS MOBILE’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 4, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

Lusita Dewi N H, F Mimin, Rohmah, and Zahara S, ‘PROTOTYPE SMART HOME DENGAN MODUL NODEMCU ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)’, 2018.

Marulitua Hutasoit F, Sumarno, Anggraini F, Gunawan I, and Okta Kirana I, ‘OTOMATISASI PENGUKURAN TINGGI BADAN DI PUSKESMAS BANE PEMATANGSIANTAR MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC BERBASIS ARDUINO UNO’, vol. 1, no. 2, 2019.

Yusa M, Dwi Santoso J, and Sanjaya A, ‘IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN PENGUKUR TINGGI BADAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK’, vol. 3, no. 1, 2021.

M. Natsir, D. Bayu Rendra, and A. Derby Yudha Anggara, ‘IMPLEMENTASI IOT UNTUK SISTEM KENDALI AC OTOMATIS PADA RUANG KELAS DI UNIVERSITAS SERANG RAYA’, vol. 6, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.arduino.cc/en/Products/Counterfeit

Purwo Santoso S and Wijayanto F, ‘RANCANG BANGUN AKSES PINTU DENGAN SENSOR SUHU DAN HANDSANITIZER OTOMATIS BERBASIS ARDUINO’, vol. 10, no. 1, 2022.

F. Supegina and E. J. Setiawan, ‘RANCANG BANGUN IOT TEMPERATURE CONTROLLER UNTUK ENCLOSURE BTS BERBASIS MICROCONTROLLER WEMOS DAN ANDROID’, vol. 8, no. 2, p. 145, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-13