ANALISA SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR BLDC PADA MOBIL AUTONOMOUS MENGGUNAKAN PWM (PULSE WIDTH MODULATION) BERBASIS ARDUINO

Penulis

  • Fajar Amran Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Amperawan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Masayu Annisah Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8375870

Kata Kunci:

BLDC, hall effect, pwm

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dengan berbagai inovasi baru mulai bermunculan, diantaranya dalam bidang perindustrian, pertambangan maupun transportasi. Oleh karena itu motor bldc menjadi salah satu pilihan alternatif dikarenakan motor bldc memiliki beberapa keunggulan dibandingkan motor dc konvensional yang masih menggunakan brush dan komutator sedangkan motor bldc tidak menggunakan brush dan komutator melainkan menggunakan rangkaian elektronika sebagai kendali motor bldc tersebut. baterai aki yang menghasilkan tegangan 48vdc lalu dikonversikan menjadi 5vdc melalui step down yang berada pada driver motor bldc universal dan dihubungkan pada mikrokontroller arduino mega 2560 yang dimana sebagai pengontrol utama pada sistem kendali ini, motor bldc akan dikontrol dan akan menghasilkan pwm dan kecepatan kemudian hasil dari pwm dan kecepatan tersebut akan terbaca dan ditampilkan pada lcd i2c. Hasil dari penelitian ini memiliki hasil keluaran rpm atau kecepatan yang hampir seimbang menurut perbandingan dari pengukuran tachometer maupun keluaran yang ditampilkan pada lcd i2c. Berdasarkan hasil analisa sistem kendali kecepatan motor bldc menggunakan pwm berbasis arduino disimpulkan bahwa arduino mengontrol driver universal ke motor bldc berhasil mendapatkan hasil yang ditampilkan pada lcd i2c dan alat ukur bantu tachometer sebagai pembanding akurasi pengukuran pada motor bldc.

Referensi

Bryan Hidayat Soelaiman (2014). Pengendalian Motor DC Menggunakan Pulse Width Modulation (PWM) Berbasis Arduino UNO

Hasan, I., Hakim, L., & Denur. (2022). Desain Pengganti Penggerak Motor Bakar Torak (110 CC) pada Sepeda Motor Otomatic dengan Motor Listrik Type Bldc (Brushless DC).

Arduino SRL, Arduino® MEGA 2560 Rev3. Monza MB: Arduino SRL, 2023.

Lingga Suhadha,Nana Sutarna, B.S.R. Purwanti (2021). Perancangan Modul Pengendali Torsi Motor pada Desain Kontrol Pedal Assist Sepeda Listrik.

Muktiyadi, Bayu (2021) Rancang Bangun Sistem Monitoring Slot Parkir Mobil Berbasis Raspberry Pi Dan Lcd I2c. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Enny,E(2018). Tachometer Laser, Pemakaian Dan Perawatannya. METANA ,(Online) Volume 13(1),pp.7-12

Made, Arsana (2021) Rancang Bangun Baterai Charger Otomotif. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(01), 105-109.

Irawan, Aria (2017) Rancang Bangun Pengendali Gerak Lengan Robot Menggunakan Flex-Sensor Dan Potensiometer Yang Dipasang Pada Lengan Manusia. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-07