ANALISA SISTEM KERJA SENSOR PROXIMITY INDUCTIVE PADA ALAT PENYORTIR BARANG LOGAM DAN NON – LOGAM BERBASIS PLC GLOFA G7M – DR4040A

Penulis

  • Muhammad Endro Mussi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Masayu Anisah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Faisal Damsi Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8133304

Kata Kunci:

Proximity Inductive, Conveyor, Storage, Pneumatic Transport

Abstrak

Berbagai macam teknologi banyak bermunculan sehingga manusia dapat memanfaatkanya dalam kehidupan sehari – hari. Sistem otomasi salah satunya sudah menjadi kebutuhan sangat penting dalam dunia industri untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam produksi. Dengan merancang alat dengan sistem otomasi contohnya pada alat penyortir barang logam dan non – logam. Secara garis besar perusahaan mengiginkan hasil produksi yang maksimal sehingga dapat memuaskan konsumen meraka maka dibutuhkanlah sisitem otomasi ini untuk membuat spesifikasi khusus yang dikehendakai. Simulasi alat penyortir barang logam dan non – logam dengan menggunakan sensor proximity inductive yang perpindahan barang dari tempat awal ke tempat yang dituju menggunakan conveyor, dengan sistem penggerak untuk memindahkan barang menuju storage menggunakan pneumatic transport untuk menaikkan atau mengangkat barang adalah fungsi dari alat untuk memindahkan barang berdasarkan material logam dan non – logam.

Referensi

Turhamum T., Azhar A., Aidi F., (2017). Rancang Bangun Pemisah Logam dan Non – Logam Menggunakan Elektro Pneumatik. Vol. 1. No. 1. 2017.

Festech CO.,LTD. (2012). MMPS manual_E_typeB. Seoul: Penerbit FESTCH CO.,LTD.

Bambang Sudarsono (2022). Dasar – Dasar Pneumatik & Hidrolik. Jawa Tengah: Penerbit CV. Pena Persada

Suhana, A. K. (2022). Simulasi Perancangan Miniplant Penyortir Logam Dan NonLogam Dengan Sistem Penggerak Pneumatik Handling And Arm Menggunakan Autodesk. “Jurnal Fisika Otomatis, 1(1), 37-44.

Premalatha, S., Arunkumar, V., Kumar, C. S., Prasanna, R. S., & Halideen, S. S. Automation of Coal Sorting and Metal Detection using PLC and SCADA.

Bhosale, R., Suratwala, Y., Ranjan, S., & Thorat, R. (2021). Design and Fabrication of Faulty Product Detection and Separation System. Internaltional Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 3(1).

Bassily, H., Sekhon, R., Butts, D. E., & Wagner, J. (2007). A mechatronics educational laboratory–Programmable logic controllers and material handling experiments. Mechatronics, 17(9), 480-488.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-11