INVESTIGASI PROSES PEMBUATAN DAN SIFAT MEKANIK PISAU PANDAI BESI DI DESA TANJUNG PINANG KABUPATEN OGAN ILIR

Authors

  • Ahmad Mursal State Polytecnic of Sriwijaya
  • Ella Sundari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Taufikurahman . Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4748626

Abstract

Semakin meningkatnya perkembangan hidup manusia maka jaman pun ikut berkembang dengan pesat. Di kabupaten Ogan Ilir tepatnya di desa Tanjung Pinang proses pembuatan pisau atau kerajinan pandai besi lainnya dilakukan dengan cara yang masih tradisional dan hanya dapat menggantungkan kekuatan suatu benda dari bahan dasar yang digunakan, Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui proses pembuatan, sifat mekanik dan kekerasan material dari pisau pandai besi ciri khas desa tanjung pinang kabupaten ogan ilir. Pada penelitian ini memilih pisau cap garpu made in solngen germany sebagai perbandingan sifat mekanik dan kekerasan material dari pisau pandai besi. Berdasarkan pada penelitian ini menunjukan bahwa nilai kekerasan vickers dari jenis pesimen Pisau Pandai Besi memliki Vickers Hardness Number (VHN) 392,51 kg/mm² pada titik A, 394,46 kg/mm² pada titik B, 391,69 kg/mm² pada titik C dengan Vickers Hardness Numbers Rata - rata (VHNr) sebesar 392,88 kg/mm, Spesimen Pisau Cap Garpu memiliki Vickers Hardness Number (VHN) 373,28 kg/mm² pada titik A, 375,81 kg/mm² pada titik B, 371,54 kg/mm² dengan Vickers Hardness Number Rata - rata (VHNr) sebesar 373,54 kg/mm². Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tingkat kekerasan Pisau Pandai Besi ciri khas Desa Tanjung Pinang Kabupaten Ogan Ilir lebih besar daripada tingkat kekerasan yang dimiliki oleh Pisau Cap Garpu.

References

Fitri, Ediman Ginting dan Pulung Karo Karo. 2013. “Komposisi Kimia, Struktur Mikro, Holding Time dan Sifat Ketangguhan Baja Karbon Medium pada Suhu 780 0C” Jurnal Jurusan Fisika FMIPA UNIVERSITAS LAMPUNG.

Karmila, Ika. 2018. “Kerajinan Pandai Besi Di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir” Skripsi FAKULTAS ADAB DAN HUMANTORA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN PATAH PALEMBANG.

Murtiono, Arief. 2012. “Pengaruh Quenching Dan Tempering Terhadap Kekerasan Dan Kekuatan Tarik Serta Struktur Mikro Baja Karbon Sedang Untuk Mata Pisau Pemanen Sawit” Jurnal Teknik Mesin Volume II, No.2 Fakultas Teknik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA.

Putra, Ismet Eka. 2011. “Fretting Pada Selongsong (Shaft Sleeve) Pompa Sentrifugal Kapasitas 900 M3/Jam Di Pdam Kota Padang”, Jurnal Teknik Mesin Vol.1, INSTITUT TEKNOLOGI PADANG.

Redho, Guntur. 2018. “Pengaruh Proses Pack Carburizing Menggunakan Media Batubara Terhadap Kekerasan Pisau Kuduk Khas Daerah Gedung Agung Lahat”. Skripsi Jurusan Teknik Mesin POLTEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Sidi, Pranowo dan Wahyudi, M.Thoriq. 2012. “Analisis Kekerasan Pada Pipa Yang Dibengkokan Akibat Pemanasan” Jurnal Jurusan Teknik Permesinan Kapal, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Trihutomo, Prihanto. 2015. “Analisa Kekerasan Pada Pisau Berbahan Baja Karbon Menengah Hasil Proses Hardening Dengan Media Pendingin Yang Berbeda”, Jurnal Teknik Mesin No 23, UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Tanjung, Robby. 2018. “Pemanfaatan Baja dan Baja Ringan sebagai Material Struktur” Makalah Program Studi Teknik Sipll SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PEKANBARU.

Ahmadin,. 2015. “Analisa Pengaruh Media Pendingin Air Garam terhadap Kekerasan Hasil Kerajinan Pandai Besi”, Majalah Teknis Simes Vol. 9, FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESIN UNIHAZ BENGKULU.

Mufarrih, Ilham Mohammad, dan Nugroho, Agus. 2018 “Analisa Kekerasan Pisau Hasil Ukm Pandai Besi Pada Proses Perlakuan Panas”. Jurnal Teknik Mesin, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

Downloads

Published

2021-02-26