HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN CNC DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT BELAJAR
Keywords:
Persepsi Tentang Dunia Kerja, Minat Belajar, Hasil Belajar Pemrograman CNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan (1) Persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar pemrograman CNC, (2) Minat belajar dengan hasil belajar pemrograman CNC, (3) Persepsi tentang dunia kerja dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemrograman CNC mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 124 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP, menggunakan rumus Slovin dengan teknik propotional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai koefesien korelasi antara persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar pemrograman CNC sebesar 0,438 dengan kriteria korelasi sedang, (2) nilai koefesien korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar pemrograman CNC sebesar 0,492 dengan kriteria korelasi sedang, (3) nilai koefesien korelasi antara persepsi tentang dunia kerja dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pemrograman CNC mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UNP tahun 2011 sebesar 0,557 dengan kriteria korelasi sedang.Downloads
References
2. Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Ilmu Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.
3. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
4. Idris. 2010. Aplikasi Model Analiusis Data Kuantitatif Dengan Program SPSS. Padang: UNP.
5. Undang–undang RI 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.infokursus.net/download/UU_20_2003.pdf, diakses 25 Januari 2013.
6. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
7. Skinner, B.F. 1995. Science and Human Behaviour. New York: Macmillan.
8. Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
9. Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
10. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
11. Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
12. Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the AUSTENIT right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
AUSTENIT, the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in AUSTENIT are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.