PELATIHAN BAHASA PEMROGRAMAN ANDROID

Penulis

  • Erwin Panggabean1 STMIK Pelita Nusantara
  • Awaludin Fitra STMIK Pelita Nusantara
  • Martua Sitorus STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4899

Kata Kunci:

SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan, android, bahasa pemrograman, dan pelatihan

Abstrak

Teknologi berbasis mobile atau Android telah maju sehingga sering digunakan dalam bidang teknologi informasi, bisnis, pendidikan, dan media pembelajaran. Seiring dengan pemenuhan kebutuhan programmer berbasis android di Medan, masih jauh dari jumlah yang diharapkan, padahal pendapatan yang diperoleh dengan menguasai pemrograman ini sangat besar, terbukti dengan banyaknya orang kaya baru yang telah berhasil. dengan menguasai pemrograman mobile berbasis android ini. Hal ini membuat minat para guru dan siswa di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jika hal ini akan menjadi keahlian yang diperoleh alumni mereka, maka pelatihan bahasa pemrograman android menggunakan metode OOP (Object Oriented Programming) ini sangat perlu dilakukan, karena kebutuhan dari SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan yang menginginkan pembekalan mandiri terhadap alumni mereka  dengan menguasai pembuatan aplikasi berbasis mobile sebagai hasil dari pelatihan selama PKM ini berlangsung. Dengan kegiatan ini para siswa dapat memperoleh pendapatan dari hasil kemampuan mereka dalam aplikasi android. Dari hasil kusioner tingkat pemahaman peserta dalam penggunaan aplikasi android yaitu 85% atau 17 peserta menyatakan paham menggunakan aplikasi android dalam pengoperasian perhitungan matematika. Dan 15% atau 3 orang peserta tidak paham. Dan dari hasil tingkat kepuasan peserta yang menyatakan sangat puas sebesar 90% atau 18 orang dengan kegiatan yang dilakukan. Dan 10% atau 2 orang tidak puas dengan alasan waktu pelatihan terlalu singkat.

Referensi

R. T. A. Kudiasanti, “PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS ANDROID DAN DESKTOP ‘EDCOUNTING-APP’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017,” J. Keperawatan. Univ. Muhammadya Malang, 2017.

R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 116–126, 2019, doi: 10.21831/jitp.v6i2.27414.

Y. Y. P. Fajar Firdaus, “APLIKASI SISTEM INFORMASI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMETAAN PERPUSTAKAAN KOTA SEMARANG,” J. Ilmu Perpust., vol. 3, no. 2, pp. 41–53, 2014.

I. Jasmani, M. Kom, B. Subakti, M. Eng, and Y. Prayogi, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TAMBAL BAN BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS : KOTA MALANG ) Google Maps Application Programing Interface ( API ),” 2015.

P. Juwita, M. M. Amin, A. Sutrisman, and A. Firdaus, “Pengembangan Aplikasi Mobile Akses Nilai Akademik Berbasis Android,” JUPITER (Jurnal Penelit. Ilmu dan Tek. Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 1–7, 2017.

D. Dasmo, I. A. Dwi Astuti, and N. Nurullaeli, “Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, p. 71, 2017, doi: 10.12928/jrkpf.v4i2.7363.

A. S. Handayani, N. L. Husni, Lindawati, Hj.Lindawati, and C. RS, “SURVEY PEMANFAATAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PONPES ARRAHMAN PALEMBANG,” p. 2018, 2018.

A. S. Handayani, N. L. Husni, L. Lindawati, and T. Tarmidi, “Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Efektivitas di MTs Muqimus Sunah Palembang,” vol. 3, no. 1, p. 2017, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03