PENGENALAN PERANGKAT MODUL PELATIHAN SISTEM EMBEDDED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIKROKONTROLER

Penulis

  • Renny Maulidda Polsri
  • Dewi Permata Sari Polsri
  • Destra Andika Pratama Polsri

Abstrak

Sistem embedded merupakan suatu komputer khusus yang mengkombinasikan antara perangkatkeras dan perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Perkembangannya terus meningkat pesat diiringi dengan perkembangan teknologi mikrokontroler. Sistem embedded tidak hanya digunakan dalam industri otomasi, kesehatan, sistem cerdas tetapi juga dapat digunakan dalam bidang pendidikan untuk memberikan pemahaman perkembangan teknologi kepada para siswa. Modul trainer sistem embedded sebagai media pembelajaran dirancang sebagai sarana pelatihan mengintegrasikan komponen elektronika input berupa sensor, mikrokontroler raspberry pi, dan komponen output berupa aktuator. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMAIT Harapan Mulia Palembang untuk memperoleh pengenalan dan pelatihan membuat proyek sederhana menggunakan modul trainer sistem embedded. Para siswa diperkenalkan dengan komponen-komponen penyusun sistem embedded yang menggunakan pemrograman dengan bahasa pemrograman python. Kegiatan ini membantu para siswa untuk mengembangkan ketrampilan teknis, pemecahan masalah, berkolaborasi, berinovasi dan ikut berperan serta dalam perkembangan teknologi masa depan. Setelah melakukan pelatihan praktik secara langsung dan melalui pengujian, para siswa dapat memahami dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang teknologi informasi.

Referensi

[1] Albab, U., Qirom, Bahrun Niam, Rozin Arkan, & Muhammad Faruq Elhaq. (2023). Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Raspberry Pi Sebagai Sistem Kontrol Perangkat dan Monitoring Data Sensor Berbasis IoT di SMK N 1 Brebes. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 1–8. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1252

[2] Kaswar, A. B., Akram, A., Risal, N., & Edy, M. R. (2024). Pelatihan Dasar Embedded System untuk Pengembangan Minat dan Bakat Siswa SMA Negeri 11 Bulukumba. 02, 78–84.

[3] No, V., Hal, A., Chotimah, C., Kholilah, M., Amelia, R., Imal, K., & Hamdani, R. (2024). Sosialisasi Pengenalan Mikrokontroler serta Pembelajaran Praktis Pembuatan IoT. 5(1), 3–6.

[4] Riadi, I., Sunardi, S., Prayogi, D., Yudha, R. P., & Muchrisal, M. (2022). Pelatihan Embedded System pada Siswa Lintas Minat Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1257. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6303

[5] Sitorus, M. B., Mangapul, J., Aziz, H., Pramono, T., IPM, P., & Gifson, A. (2019). Pemrograman Mikrokontroler Guna Memperkenalkan Industri 4.0 di SMA Negeri 7 Tangerang Selatan. Terang, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.33322/terang.v2i1.533

[6] Syukri Gazali Suatkab. (2023). Rancang Bangun Information Board Berbasis Cloud Digital. 13(2), 765–770.

[7] Winardi, S., & Poi Wong, N. (2023). Pelatihan Python Sebagai Landasan Awal Belajar Pemrograman bagi Siswa/Siswi SMK Methodist Tanjung Morawa. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3498–3504. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6863

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03