PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA DI DESA INOVASI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Penulis

  • Hendra Poltak Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Muhfizar Muhfizar Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Jaulim Sirait Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Ristiani Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong
  • Ismail Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4720

Kata Kunci:

Desa Inovasi, pemasaran, pembukuan sederhana, Pulau Raam

Abstrak

Desa inovasi merupakan desa yang memiliki potensi yang potensial untuk dikembangkan menjadi desa mandiri dan berdaya. Permasalahan pada desa tersebut berupa kesulitan dan memasarkan produk usahanya dan kebutuhan akan pemahaman pembukuan sederhana sebagai dasar kelangsungan usahanya. Upaya mencapai tujuan dilakukan pengabdian masyarakat sesuai dengan kesepakatan bersama. Kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah secara tatap muka yang diikuti oleh 20 orang mitra sasaran. Hasil kegiatan diperoleh adanya peningkatan pemahaman manajemen pemasaran sebesar 60% dan peningkatan pemahaman pembukuan sederhana sebesar 45%.

Referensi

I. Ismail, M. A. Ulat, M. Muhfizar, M. Mustasim, and H. Poltak, “Aplikasi Analytical Hierarchy Process: Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Desa Inovasi di Wilayah Sorong,†J. Ilmu Pertan. Indones., vol. 26, no. 4, pp. 530–536, 2021.

P. D. Darmoko, “Laporan Penelitian Potensi Desa Inovasi di Kabupaten Pemalang,†Madaniyah, vol. 5, no. 2, pp. 198–211, 2015.

N. Y. Titiheru, O. H. A. Rogi, and A. S. Sembel, “Hotel Resort di Tanjung Kasuari Sorong ‘Arsitektur Eklektik.’†Sam Ratulangi University, 2015.

E. Gunaisah, A. M. Suruwaky, and Y. E. Priharanto, “Kajian Kegiatan Perikanan Masyarakat Nelayan Tradisional Kota Sorong dan Peluang Pengembanganya,†J. Airaha, vol. 1, no. 1, pp. 36–52, 2012.

H. Kombongan, “Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan tradisional Pulau Raam dalam Mengidentifikasi Program dan Kegiatan Afirmatif dalam Mengakselerasikan peningkatan Kesejahteraan nelayan,†Univ. Terbuka Jakarta, 2017.

Z. Anwar and W. Wahyuni, “Miskin Di Laut Yang Kaya: Nelayan Indonesia Dan Kemiskinan,†Sosioreligius, vol. 4, no. 1, 2019.

M. Sabarisman, “Identifikasi dan pemberdayaan masyarakat miskin pesisir,†Sosio Inf. Kaji. Permasalahan Sos. dan Usaha Kesejaht. Sos., vol. 3, no. 3, 2017.

D. Sartika, I. Saluza, and R. Roswaty, “Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Gulo Puan Desa Bangsal,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, 2020.

O. Arifudin, “PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, 2020.

R. Toyib, O. Onsardi, and M. Muntahanah, “Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhanadi Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara,†J. Pengabdi. Masy. Bumi Raflesia, vol. 3, no. 1, 2020.

N. W. S. Nur, T. E. M. Titin, and D. S. L. Diza, “Pelatihan Pembukuan Sederhana Pada Pelaku UMKM Brem,†J. Solma, vol. 10, no. 1s, pp. 301–306, 2021.

I. Ismail, E. Gunaisah, M. A. Ulat, and H. Poltak, “Pelatihan Teknologi Sistem Informasi bagi Nelayan pada Masa Covid-19 di Era Digital,†Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 566–574, 2021.

D. C. Sari et al., Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia, 2021.

H. Poltak et al., Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digital). Media Sains Indonesia, 2021.

S. Mukhtar and M. Nurif, “Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen,†J. Sos. Hum., vol. 8, no. 2, pp. 181–191, 2015.

A. A. C. Siwi and S. Meiyanto, “Intensi membeli kosmetika pemutih kulit ditinjau dari kelengkapan informasi produk pada label kemasan,†J. Psikol., vol. 29, no. 2, pp. 61–72, 2002.

T. S. Maulani, F. Dialysa, and K. P. Prawirasasra, “Pelatihan Pembukuan keuangan sederhana dan motivasi kewirausahaan pada kelompok usaha makanan RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung,†2016.

P. O. Abas, S. Sunarya, and Saefullah, Sunarya, Sudaryono dan Saefullah, 2010. Kewirausahaan: Pengelolaan dan Pengembangan Entrepreneurship, Kewirausahaan di Bidang Teknologi Informasi Teori dan Praktik Pengelolaan Kewirausahaan Dilengkapi dengan Kasus. Yogyakarta, 2010.

M. Muhfizar and H. Poltak, MANAJEMEN USAHA PERIKANAN. Malang: Ahlimedia Book, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-03

Artikel Serupa

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.