IMPLEMENTASI GREEN MARKETING PADA PRODUK URBAN FARMING UMKM LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4709Kata Kunci:
Sustainable Packaging, Green Marketing, Tren Pemasaran Digital, Pemberdayaan UMKM.Abstrak
Pandemi COVID-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kendala yang mereka hadapi adalah turunnya penjualan karena kebijakan PPKM mengakibatkan terhentinya pameran UMKM, sedangkan penjualan terbanyak mereka melalui pameran. Pameran membuat produk mereka dapat dilihat dan dibeli oleh banyak orang. Pelaku UMKM ingin memasarkan produk melalui online namun berdasarkan survey dan diskusi dengan kelompok masyarakat dan pemilik beberapa UMKM, masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pemanfaatan pengemasan produk yang menarik agar mampu bersaimg di platform berjualan online. Pengemasan yang tepat dapat meningkatkan proses pemasaran terhadap konsumen, namun dalam menentukan kemasan yang baik perlu memilih kemasan yang dapat mengurangi dampak buruk pada lingkungan. Upaya mengurangi limbah kemasan plastik menjadi tren terkini dari sebuah pemasaran. Dengan memperhatikan isu lingkungan, aktivitas perancangan ulang kemasan yang didapatkan melalui analisis tren pasar digital yang berfokus pada green marketing diharapkan bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga, kegiatan PKM ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam hal pengetahuan mengenai Green Marketing, untuk memperbaiki proses pemasaran dengan demikian mereka bisa bersaing di platform berjualan online, sehingga permasalahan dapat terselesaikan melalui pemanfaatan sustainable packaging, green marketing, tren pemasaran digital, serta pemberdayaan UMKM.di Wonokusumo.
Referensi
D. Risana, “Pelatihan Keterampilan Mendesain Kemasan Dan Branding Dalam Penjualan Produk (Beras Setra Ramos) Di Wilayah Ciawi Kabupaten …,†Aptekmas J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, pp. 101–106, 2021.
N. M. Suki, N. M. Suki, and N. S. Azman, “Impacts of Corporate Social Responsibility on the Links Between Green Marketing Awareness and Consumer Purchase Intentions,†Procedia Econ. Financ., vol. 37, no. 16, pp. 262–268, 2016, doi: 10.1016/s2212-5671(16)30123-x.
Z. Hasan and N. A. Ali, “The Impact of Green Marketing Strategy on the Firm’s Performance in Malaysia,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 172, pp. 463–470, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.382.
N. Adien Kumala, L. Dyah Purwita, and W. Sww, “Optimalisasi Produk Camilan Dengan Manajemen Produk Dan Pemasaran Melalui Media Sosial,†J. Pengabdi. Masy. APTEKMAS, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2022.
M. Nadjmuddin et al., “PENDAMPINGAN PEMBUATAN KEMASAN DAN IKLAN KULINER Abstrak,†APTEKMAS, vol. 5, pp. 153–161, 2022.
T. M. Tamtelahitu et al., “PELATIHAN TEKNIK DESAIN LOGO KEMASAN , PENGEMASAN ,†APTEKMAS, ol. 4, pp. 6–13, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.