INOVASI PENGOLAHAN KOPI SUSU GULA AREN DI DESA GUDANG

Penulis

  • Fandi Nugroho Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Faisal Abdillah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Nadia
  • Anisa
  • Adelia Rohaeni
  • Herliana Firera
  • Nadia Karisma
  • Ahmad Zakiy
  • Dexa Egi Nassandi
  • Aang Praboyo
  • Indah Eka Sasfitri

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4606

Kata Kunci:

Innovatife product, Palm sugar, Marketing

Abstrak

Desa Gudang terletak di Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan. Di desa ini, terdapat banyak pohon aren yang tumbuh di belakang rumah warga dan hutan. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan nira aren untuk diolah menjadi gula aren. Produksi gula aren oleh masyarakat desa Gudang dilakukan secara individu di rumahnya masing-masing. Tujuan dari program KKN Universitas Muhammdaiyah Bangka Belitung di Desa Gudang adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk olahan gula aren melalui produk inovatif dari gula aren.Kopi susu gula aren merupakan bentuk produk inovatif hasil pengolahan gula aren yang dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk meningkatkan penghasilannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dilaksankan selama 1 (satu) bulan dengan metode sosialisasi dan praktek, mulai dari cara pembuatan produk, pembuatan brand sampai pemasaran produk menggunakan media sosisal.

Referensi

Fendi.2020.Buku Laporan Keterangan Penyelengaraan Pemerintah Desa. Bangka Belitung : Desa Gudang

Heryani,hesty. 2016. Keutamaan Gula Aren dan Strategi Pengembangan Produk.Banjarmasin : Lambung Mangkurat University

Sundari, S., & Sulistyowarni, I. (2021, July). Pemberdayaan Umkm MelaluiDigital Marketing Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Di Masa Pandemi. In E-ProsidingSeminar Nasional Manajemen dan Akuntansi STIE Semarang (SENMAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 106-123).

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Wijaya Linda & Anggia Layinuvar Rizka.2021.Studi Brand Positioning Toko Kopi Kekinian di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis . Vol 8 (1).78-85

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-03

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.