PELATIHAN PENGEMBANGAN BUM DESA (E-COMMERCE) DI KECAMATAN KARANGPAWITAN, KABUPATEN GARUT

Penulis

  • Boris Paedefo Pakpahan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.4563

Kata Kunci:

Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, BUM Desa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta dengan menggunakan metode penelitian evaluatif yaitu untuk mengevaluasi proses pelaksanaan kegiatan pelatihan. Berdasarkan penelitian bahwa evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan pelatihan meliputi evaluasi fasilitator, peserta hingga panitia atau penyelenggara pelatihan. Hasil evaluasi akan menentukan apakah fasilitator, peserta hingga panitia atau penyelenggara pelatihan sudah memenuhi kriteria dalam pelatihan. Hasil evaluasi pelatihan akan digunakan sebagai pedoman dalam memperbaiki pelaksanaan pelatihan di waktu yang akan datang.

Referensi

M. B. Pratiwi and I. Novianty, “Strategi Bertahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pandemi COVID-19 pada Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat,†in Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 2020, pp. 26–27.

W. Arviana, “Pengaruh Instruktur Pelatihan, Peserta Pelatihan, Materi Pelatihan, Metode Pelatihan dan Tujuan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan,†Bekasi, 2017.

M. Darari Bariqi, “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,†2018. [Online]. Available: http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

B. Santoso, Skema dan Mekanisme Pelatihan, Panduan Penyelenggaraan Pelatihan, vol. I. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), 2010.

A. Andi, Y. Ani, A. Y. Adelia, S. Juarni, and Syafrianto, “Pelatihan Desain Produk Pemasaran Digital Pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikarageman Selama Covid-19,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Aptekmas), vol. 4, no. 4, pp. 31–34, 2021.

S. S. Marinda, D. L. Linda, H. T. Meita, I. F. Anggi, and R. A. Verdha, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Aptekmas), vol. 4, no. 4, pp. 96–100, 2021.

H. Hartati and W. K. Usnia, “Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Rumahan Laundry Ibu RUmah Tangga di Kecamatan Sekip Jaya Palembang,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Aptekmas), vol. 3, no. 1, pp. 24–27, 2020.

F. S. Yudiarno, I. Rofi’a, R. D. Cahyani, and N. Hayati, “Optimalisasi Strategi Pemasaran BUMDes melalui E-Commerce di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BUMDes Madu Sejahtera Desa Segoromadu),†Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, Sep. 2021, doi: 10.21107/BPMD.V1I1.11976.

T. Aryanti, S. Supriyono, and I. Ishaq, “Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan,†Jurnal Pendidikan Nonformal, vol. 10, no. 1, pp. 1–13, Mar. 2018.

I. Ningkeula, “Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Peserta Pelatihan Pada Balai Pelatihan dan Pengembangan KB Surabaya,†Surabaya, 2001.

A. Kristina, “Model Training Needs Analysis (TNA) Untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Pelatihan (Model of Training Needs Analysis (TNA) to Identify Training Requirement),†Bangkalan.

Y. Ernawati, Y. Ernawati, and S. Suyantiningsih, “Studi Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Komputer di Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul,†Epistema, vol. 1, no. 1, pp. 51–58, May 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-03

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.