PENGENALAN TENTANG PENGURANGAN RISIKO BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 10 JAKARTA

INTRODUCING EARTHQUAKE RISK REDUCTION IN SMA NEGERI 10 JAKARTA

Penulis

  • Ilham B. Mataburu Universitas Negeri Jakarta
  • Sony Nugratama Universitas Negeri Jakarta
  • Warnadi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i2.4140

Kata Kunci:

Bencana, Pengurangan risiko bencana, gempa bumi

Abstrak

Kebijakan dalam penanggulangan bencana di Indonesia saat ini lebih ditekankan pada upaya pencegahan maupun mitigasi bencana. Penguatan kapasitas penanggulangan bencana menjadi capaian yang sangat penting untuk keberhasilan dalam mengurangi dampak bencana. Pengurangan dampak bencana hanya dapat dilakukan saat risiko bencana dapat dipahami dan didentifikasi untuk dijadikan sebagai dasar dalam membangun ketahanan terhadap bencana. Sekolah memiliki peran strategis dalam kaitannya dengan upaya pengurangan risiko bencana. pembelajaran dikelas serta kegiatan sekolah dapat dijadikan sebagai media untuk menumbuh kembangkan kesadaran akan pentingnya kesiapan dalam menghadapi bencana. Pengenalan pengurangan risiko bencana sebagai upaya peningkatan ketahanan sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Jakarta bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa terhadap pengurangan risiko bencana gempa bumi yang ada di lingkungan sekola. Metode pelaksanaan dilakukan melalui penyuluhan secara daring/webinar melalui  program zoom. Hasil pelaksanaan menunjukkan ada peningkatan pengetahuan peserta didik dan guru terhadap pemahaman risiko bencana gempa bumi, mengenali faktor – faktor risiko dan mengetahui cara pengurangan risiko bencana dengan sumberdaya yang ada di lingkungan sekolah. Hal ini ditujukkan melalui hasil rata-rata pre test dan post test yang menjawab dengan benar mengalami peningkatan sebesar 44,33 %. Peserta yang menjawab benar sebesar 79,55 % dari sebelumnya sebesar 35,22%.

Referensi

I. H. Ariyanti, “Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana (Studi Deskriptif tentang Penanggulangan Bencana Letusan Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri),” Implementasi Kebijak. Penanggulangan Bencana (Studi Deskriptif tentang Penanggulangan Bencana Letusan Gunung Kelud di Kec. Ngancar Kabupaten Kediri), vol. 3, no. 3, pp. 23–32, 2015.

J. Zhuang, J. Peng, X. Zhu, and W. Huang, “Scenario-based risk assessment of earthquake disaster using slope displacement, PGA, and population density in the Guyuan region, China,” ISPRS Int. J. Geo-Information, vol. 8, no. 2, pp. 1–16, 2019, doi: 10.3390/ijgi8020085.

P. Folger, Earthquakes : Risk , Detection , Warning , and Research. Congressional Research Service, 2013.

T. Partuti and A. Umyati, “Pengenalan Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Siswa,” J. Pengabdi. Din., vol. 1, no. 6, pp. 1–6, 2019.

P. Sukmandaru, “Potensi Gempa Bumi Jakarta dan Sekitarnya dari Aspek Geologi,” 2019.

Daryono, “Potensi Gempa Jakarta,” in Forum Jakarta Berketahanan, 2019.

K. S. Pribadi and A. K. Yuliawati, “Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus Pada SDN Cirateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung),” Education, 2008.

I. W. Subagia, “Pelatihan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pengastulan Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Bali,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 585–598, 2015, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4916.

E. Putera, A. Publik, U. Andalas, and K. Padang, “Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas,” J. Ilmu Adm. Negara, vol. 08, no. 02, pp. 81–90, 2020.

A. Y. P. Asih, B. Setianto, A. A. Adriansyah, and D. N. Bistara, “Edukasi Evakuasi Bencana Kebakaran Pada Pengelolalhan Gedung Graha Rs Islam Surabaya,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 35–43, 2021.

Rahmawati, Z. Nisa, and A. Novarita, “Development of a regional based disaster learning model at senior high,” vol. 21, no. 2, pp. 1–8, 2021.

S. Wiguna, Nurmisdaramani, I. S. Ramadhani, and Riski, “Sosialisasi model mengajar interaksional bagi guru MTs Babussalam Tanjung Pura,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018.

F. Nurany, H. K. Sugandi, and A. S. P. Anarys, “Pendampingan Belajar Anak Usia Dini di Era Pandemi Covid-19,” Aptekmas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 25–35, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-03