PELATIHAN PERANCANGAN DIGITAL CONTENT CREATIVE PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UMKM PEMPEK TERAS-PRABUMULIH UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Kata Kunci:
Employee Payroll Application, Gross Method, Restaurant.Abstrak
Pempek Teras Prabumulih mempunyai permasalahan sebagai berikut: 1) Pemilik UMKM Pempek Teras Prabumulih hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut (mouth of mouth) dan media sosial Whatsaap. Kurangnya brand awareness dari Pempek Teras sehingga membutuhkan pembuatan konten digital creative yang menarik dan interaktif agar dapat menjaring konsumen, 2) Pemilik UMKM Pempek Teras Prabumulih belum memiliki pengetahuan bagaimana cara membuat digital content creative yang akan diupload di Instagram untuk meningkatkan brand awareness produk yang dijualnya. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut:1. Persiapan: a) Studi pustaka & riset lapangan (pengumpulan data-data dan informasi dari mitra, mengidentifikasi permasalahan mitra, penentuan permasalahan prioritas mitra, mencari alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi mitra). b) Pembuatan proposal. c) Pengajuan proposal. 2. Pelaksanaan: a) Mengurus perizinan untuk penelitian lapangan, b) Menganalisis dan mengolah data dan informasi yang didapatkan dari mitra, pembuatan metode/model pemecahan masalah yang terbaik dari berbagai macam alternatif pemecahan masalah yang ada. c) Memberikan penyuluhan tentang pentingnya mempromosikan produk pempek Teras menggunakan media sosial dan pelatihan tentang pembuatan digital content creative d) Penulisan laporan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian, penggandaan, penyerahan laporan.
Referensi
[1] H. Sudiantini, D, Maulana, D. S., Choeruddin, ‘Dampak Promosi Produk pada Pemasaran Online’, J. Eknomi, Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 6, pp. 311–320, 2023.
[2] G. I. U. Putri, T.N., Simanjuntak, R. N.D., Susanto, N. M.C. T., Valentiona, N., Rangkuty, ‘Strategi Promosi pada Media Digital/Online’, in In National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 2021, pp. 61–65.
[3] D. M. Swimbawa, M. K., Lenny, ‘Pengaruh social media marketing terhadap brand awareness, brand image dan brand loyalty Pesonal Indonesia’, Bullettin Community Engagem., vol. 3, no. 2, pp. 239–249, 2023.
[4] S. Hribiwo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wardhana, G.W., ‘Analisis peran social media marketing kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pelanggan rumah makan di Jawa Barat’, Manag. Stud. Entrep. J., vol. 3, no. 6, pp. 4024–4032, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






