SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA SMP IT YAABUNAYYA FATHUL KHAER MAKASSAR

Digital Library Application Usage Training

Penulis

  • Muhammad Faisal STMIK Profesional Makassar
  • Ida Ida STMIK Profesional Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.3842

Kata Kunci:

aplikasi perpustakaan, pengolahan perpustakaan, manual ke sistem digital

Abstrak

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan diharapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan pada sekolah mitra. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah setiap semester dapat melaksanakan pengabdian pada masyarakat pada mitra tersebut dengan pelatihan materi yang berbeda-beda. Terkhusus untuk semester ini penulis mengadakan pelatihan tentang penggunaan aplikasi perpustakaan digital. Pelatihan ini merupakan kompetensi bagi civitas akademik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan minat baca bagi civitas akademik. Sasaran program kegiatan pengabdian ini adalah seluruh civitas akademik SMP IT Yaabunayya Fathul Khaer di Kota Makassar dengan jumlah siswa 50 orang, 10 orang guru dan 1 orang pegawai perpustakaan. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan : (1) peserta (pegawai perpustakaan) akan memiliki pengetahuan tentang pengolahan data buku, (2) para peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dalam melakukan proses peminjaman dan (3) para peserta pelatihan akan mendapatkan informasi buku pada perpustakaan tersebut.

Referensi

N. W. Marti, G. R. Dantes, I. K. P. , Kadek Yota Ernanda Aryanto, Seputra, and dan Ketut Agus, “Implementasi Dan Pendampingan Dalam Mewujudkan Perpustakaan Digital Berbasis Open Source Di Sdn 1 Banjar Bali Kabupaten Buleleng,” Proceeding Senadimas Undiksha, no. Gambar 1, pp. 567–573, 2020.

D. Yunita, I. Kusyadi, and S. E. Tassia, “KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN DAN PEMANFAATAN APLIKASI ITANGSEL SEBAGAI PERPUSTAKAAN DIGITAL BERBASIS MOBILE PADA SMP ASSA ’ ADAH KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang,” pp. 155–160.

A. Margiantono and A. Kustirini, “Pkm bagi pengelola perpustakaan sekolah di kecamatan mranggen kabupaten demak propinsi jawa tengah.”

Sulistyo-Basuki.1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02