SISTEM MONITORING VOLUME DAN BERAT SAMPAH PADA ALAT PEMILAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK

Penulis

  • Annisa Salamah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • RD Kusumanto Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Evelina Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8207096

Kata Kunci:

Internet of Things, Blynk, Sistem Monitoring

Abstrak

Penumpukan sampah akibat pengelolaan yang tidak baik tentunya akan mencemari lingkungan, terlebih pada lingkungan pemukiman warga. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu pengelolaan sampah ini agar berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem yang akan membantu  untuk memonitoring berat dan volume sampah berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan aplikasi Blynk untuk memudahkan petugas sampah mengetahui apabila sampah tersebut sudah penuh dan harus segera dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sistem monitoring ini menggunakan sensor berat Load Cell dan Sensor Ultrasonik JSN-SR04T yang dipasang  pada bagian kotak sampah organik dan anorganik yang terintegrasi dengan internet melalui NodeMCU ESP8266 dan dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino Uno. Sistem ini dapat mengukur berat dan volume sampah secara real-timedan mengirim notifikasi ketika tempat sampah tersebut sudah penuh dari jarak pengujian sejauh 1 km.

Referensi

Alvianingsih G, Oktaviana Putri W, and Maharani P, ‘Perancangan Sistem Monitoring Pada Pemilah Sampah Otomatis Berbasis Internet of Things Menggunakan Aplikasi Blynk’, Prosiding Seminar Nasional Energi vol. 3, 2022

Anggraini A, ‘Penerapan Sistem Tempat Pemilah Sampah Logam dan Non Logam Dengan Monitoring Volume Sampah Berbasis Internet of Things’, Tugas Akhir, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Sriwijaya, 2022.

Akbar M, Devi Anjasmara S, K Wardahni K D, ‘Rancang Bangun Alat Pendeteksi Sampah Organik dan Anorganik Menggunakan Sensor Proximity dan NodeMCU ESP8266’, Jurnal Politeknik Caltex Riau, Jurnal Komputer Terapan, Vol. 7, No. 2, November 2021.

Habibah Romlah U, Agustine D, Soleh O, Syam S, ‘Monitoring Volume & Ritase Pengangkutan Sampah Pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Tangerang, Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, Vol. 1, No. 1, Maret 2020.

Ariyanti D, Analisa Rahma A, Nur Shabrina S, ‘Rancang Bangun Prototipe Tempat Sampah Pintar Menggunakan Sistem Monitoring Berbasis IoT (Internet of Things), Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Negara.

Febriyanti Y, Mukti Wibowo F, Zafia A, ‘Sistem Monitoring Tempat Sampah Pintar Di Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya-Lipi’, J. Of Inista, Vol. 4, No. 1, Nov 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-07