Aplikasi Sensor Ultrasonik Dalam Pembacaan Level Air Pada Sistem Pertanian Aquaponic

Penulis

  • Muhammad Nouval Daniesar Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Tresna Dewi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yurni Oktarina Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8031245

Kata Kunci:

TEKNIK ELEKTRO

Abstrak

Pada Pertanian aquaponik diperlukan suatu mekanis pengontrolan tinggi permukaan air. Salah satu alternatif pengontrol tinggi permukaan air adalah automatic water level control. Automatic water level control dapat menggunakan sensor ultrasonik, untuk mengukur ketinggian air tidak perlu bersentuhan dengan airnya sehingga hasil pengukuran lebih presisi dan tidak menimbulkan korosi pada sensor tersebut. Alat sistem kendali level air otomatis pada pertanian aquaponik ini secara garis besar terdiri atas arduino uno sebagai mikrokontroller, sensor ultrasonic sebagai pembacaan level air, lcd sebagai penampil sistem, relay, buzzer, dan pompa air sebagai keluaran hasil dari sistem kendali level air otomatis.Prinsip kerja alat adalah apabila kolam pada aquaponik dalam kondisi kekurangan air atau level LOW, maka sensor ultrrasonik HC-SR04 akan membaca ketinggian air dan memberikan sinyal ke arduino uno untuk mengaktifkan alarm dan pompa air untuk mengisi kolam pertanian aquaponik dan mengirimkan data ketinggian air ke arduino uno dan menampilkannya ke lcd. Apabila kolam pertanian aquaponik dalam keadaan cukup atau mencapai level HIGH, maka sensor ultrasonik HC-SR04 akan membaca ketinggian air dan memberikan sinyal ke arduino uno untuk mematikan pompa air secara otomatis dan mengirimkan data ketinggian air pada lcd, yang mempermudah dalam pengontrolan kecukupan persediaan air pada kolam pertanian aquaponik.      

Referensi

Sastro, Y. (2016) ‘Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming’, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta, pp. 26-27.

Hutapea, H. (2022). Rancang Bangun Sistem Kendali Akuaponik Automatis Berbasis Mikrokontroller Dengan Sumber Energi Listrik Tenaga Surya. Jurnal Kajian Teknik Elektro, 7(1), 36-38.

Aziezah, N., Sholihah, W., Novianty, I., Romadhona, M., & Mardiyono, A. (2023). Sipekernik: Sistem Pemantau Kekeruhan Air dan Pengairan pada Akuaponik Menggunakan Sensor Turbidity, LDR dan Water Level. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 4(4), 261-271.

Arief, U. M. (2011). Pengujian sensor ultrasonik ping untuk pengukuran level ketinggian dan volume air. Jurnal Ilmiah “Elektrikal Enjiniring” UNHAS, 9(2), 72-77.

Basith, M. A. (2017). Penerapan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Pada Sistem Pengukur Volume Pada Mobil Tangki Air Bersih (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Alawiah, A., & Al Tahtawi, A. R. (2017). Sistem kendali dan pemantauan ketinggian air pada tangki berbasis sensor ultrasonik. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1(1),

-30.

Rahmanto, Yuri, Anang Burlian, and Slamet Samsugi. "Sistem Kendali Otomatis Pada Akuaponik Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3." Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam 2.1 (2021): 1-6.

Handayani, Leni. "Pemanfaatan lahan sempit dengan sistem budidaya aquaponik." prosiding seminar nasional hasil pengabdian. Vol. 1. No. 1. 2018.

Zulhelman, Zulhelman, Haidar Afkar Ausha, and Rachma Maharani Ulfa. "Pengembangan sistem smart aquaponik." Jurnal PoliTeknologi 15.2 (2016).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-13