IMPLEMENTASI PENGUAT JARINGAN POINT TO POINT POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA KE AGROTEKNO DESA GELEBAK DALAM

Penulis

  • Sarjana Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Susan Zefi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Cesha Damayanti Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8376692

Kata Kunci:

WLAN, Implementation, Repeater

Abstrak

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, Politeknik Negeri Sriwijaya yang memiliki jaringan WLAN didalamnya namun sinyal WLAN tersebut belum dapat mencakup seluruh lokasi yang ada di Agrotekno Gelebak Dalam. Mengingat saat ini seluruh lokasi yang tidak mempunyai akses internet seperti perdesaan yang dimana sangat penting untuk berkomunikasi lewat media komputer dan juga smartphone untuk dapat melakukan akses internet guna mendapatkan informasi dari internet. Pada penelitian ini penulis memiliki tujuan meningkatkan dan memperluas cakupan sinyal koneksi Wireless LAN pada Politeknik Negeri Sriwijaya ke Agrotekno Gelebak Dalam Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menggunakan dari ubiquiti airOS PowerBeam M5 dengan menggunakan metode Riset Lapangan dan Riset Kepustakaan untuk metode pengumpulan data dan pedoman pengujian jaringan WLAN dan pengimplementasian penguat jaringan WLAN mengacu pada Wifi Range Extender atau TP-Link TL WA855RE. Pada penelitian ini yang berjudul Implemantasi Rangkaian Penguat Jaringan Point to Point Politeknik Negeri Sriwijaya ke Agrotekno Desa Gelebak Dalam yang mengacu pada metode Pengimplementasian Penguat Jaringan TP-Link TL WA855RE maka dapat disimpulkan bahwa memperkuat jaringan WLAN dengan menambahkan Repeater atau Wifi Range Extender lebih efisien dalam menghemat waktu dan biaya dalam penerapannya.

Referensi

Kuswan Gunarjo. 2016. Perancangan dan Implementasi Jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) Antar Gedung di SMK Muhamadiyah Imogiri. Fakultas Teknik Universitas PGRI. Yogyakarta.

Duskarnaen, M., & Nurfalah, F.(2017). Analisis, Perancangan, Dan Implementasi Jaringan Wireless Point To Point Antara Kampus A Dan Kampus B Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pinter, 134-141.

Permana, Angga, dll. “Rancang Bangung Antena Microstrip Sebagai Penguat Sinyal Wifi Dan Jaringan 4g Lte Pada Frekuensi 1800 Mhz." Maestro 4.2 (2021): 240-248.

Alhanif Fairuszabadi, & Dian Kasoni. (2021). Analisa dan Pengujian Penguat Jaringan Seluler 3G Dengan Kabel Feeder Pada Gedung Cyber 2 Tower . Jurnal Teknik Informatika, 5(2), 121–125.

Putra, Kenny Pratama, Delsina Faiza, and Yasdinul Huda. "Analisis Performance Jaringan 2G Global System For Mobile Comunication (GSM) Frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz Berdasarkan Data Drive Test di PT. Telkomsel Padang."Vote teknika (Vocational TeknikElektronika dan Informatika) 2.1 (2014).

Alfarisi, T.D., & Fatoni. (2023). Analisis dan Implementasi Penguat Jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 15(1c), 434–443.

Bastian, Ade, and Arif Yusuf Budiman. "Implementasi Piranti Jaringan Repeater Eco Village Menggunakan Model Prototype dan Konsep Green Computing”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terpadu 3.3 (2017).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-07