SISTEM KONTROL FUZZY LOGIC ALAT PENYIRAMAN OTOMATIS PADA TANAMAN TOMAT DAN KAKTUS

Teknik Elektro

Penulis

  • Adi Saputra Mahasiswa
  • Yordan Hasan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Niksen Alfarizal Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8183234

Kata Kunci:

Penyiraman Tanaman, Fuzzy Logic, Tomat dan Kaktus

Abstrak

Tanaman membutuhkan perawatan yang tepat, termasuk penyiraman yang cukup, agar dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang optimal. Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi penyiraman tanaman, penelitian ini mengusulkan penggunaan sistem kontrol fuzzy logic untuk mengendalikan alat penyiraman otomatis pada tanaman tomat dan kaktus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengumpulan data lingkungan yang relevan, seperti kelembaban tanah, suhu, dan intensitas cahaya. Data ini kemudian diolah menggunakan metode fuzzy logic untuk mendapatkan tingkat kelembaban tanah yang optimal untuk setiap jenis tanaman. Sistem kontrol fuzzy logic yang diusulkan menggunakan beberapa variabel linguistik, termasuk "kering, lembab dan basah",untuk menggambarkan tingkat kelembaban tanah. Aturan-aturan fuzzy logic yang telah ditentukan berdasarkan pengetahuan ahli diterapkan dalam sistem kontrol untuk menghasilkan keputusan penyiraman yang optimal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kontrol fuzzy logic ini mampu mengendalikan alat penyiraman otomatis dengan akurasi tinggi. Tanaman tomat dan kaktus yang ditanam dalam lingkungan uji coba mengalami peningkatan dalam pertumbuhan dan kesehatan tanaman setelah penerapan sistem kontrol ini. Kelembaban tanah dijaga dalam rentang yang optimal, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan air dan menghindari risiko kelebihan atau kekurangan air. Katakunci: Penyiraman Tanaman, Fuzzy Logic, Tomat dan Kaktus

Referensi

Nabil Azzaky dan Anang Widiantoro, ‘ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS (IOT)’, vol 2, no. 2, 2020.

Ardeana Galih Mardika dan Rikie Kartadie,‘MENGATUR KELEMBAPAN TANAH MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBAPAN TANAH YL-69 BERBASIS ARDUINO PADA MEDIA TANAM POHON GAHARU’, vol. 3, no. 2, 2019.

Satrio Bimo Mursalin, Hastha Sunardi dan Zulkifli,‘SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS SENSOR KELEMBAPAN TANAH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY’, vol. 11, no. 1, 2020.

Anton Yudhana dan Muhammad Caesar Febriansyah Putra, ‘PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS INFORMASI SINYAL SENSOR KELEMBAPAN’, vol. 2, no. 1, 2016.

Dafina Agustina dan M. Faishol Amrulloh, ‘RANCANG BANGUN SENSOR KELEMBAPAN TANAH UNTUK SISTEM IRIGASI TANAMAN KAKTUS BERBASIS ANDROID’, vol. 3, no. 1, 2023.

Muhammad Yusuf Majid. (2022). RANCANG BANGUN ALAT MONITORING PADA TANAMAN HIAS MENGGUNAKAN ESP32 BERBASIS APLIKASI ANDROID. Universitas Hasanuddin Makassar.

Imam Mahdi dan Dian Kasoni, ‘RANCANG BANGUN PROTOTYPE KELEMBAPAN TANAH’, vol. 5, no. 1, 2019.

Indobot Update. (2023). SENSOR JARAK UNDERWATER DENGAN SENSOR ULTRASONIK JSN-SR04T. Retrieved Juni, 22, 2023, from https://indobot.co.id/blog/sensor-jarak-underwater-dengan-sensor-ultrasonik-jsn-sr04t/

Agnes Sukmariani. (2021). IMPLEMENTASI PROTOTYPE ROBOT PENGEPEL LANTAI BERBASIS ARDUINO UNO. Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Adelia Febrianti, Hafidudin dan Dadan Nur Ramadan, ‘PROTOTYPE MESIN KOPI MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER BERBASIS INTERNET OF THINGS’, vol. 6, no. 2, 2020.

Nurwijayanti Kusuma Ningrum, ‘PERANCANGAN PEMBUATAN PERMEN KAPAS OTOMATIS BERBASIS ARDUINO’, vol. 22, no. 1, 2020.

Pratolo Rahardjo, ‘SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN RTC (REAL TIME CLOCK) BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA 2560 PADA TANAMAN MANGGA HARUM MANIS BULELENG BALI’, vol. 8, no. 1, 2021.

Mega. (2022). POWER SUPPLY: PENGERTIAN, FUNGSI & JENISNYA. Retrieved Juni, 22, 2023, from https://bikin.website/blog/power-supply-adalah/

Elektronika Dasar. (2023). LCD (LIQUID CRISTAL DISPLAY). Retrieved Juni, 22, 2023, from https://elektronika-dasar.web.id/lcd-liquid-cristal-display/

Yosua Erick. (2022). FUNGSI KABEL AWG. Retrieved Juni, 22, 2023, from https://stellamariscollege.org/kabel-awg/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28