KAJIAN PERMASALAHAN BANJIR PERUMAHAN GRAHA TAMAN LINGKAR PRABUMULIH MELALUI PENDEKATAN PERENCANAAN DRAINASE KAWASAN

Authors

  • Hendi Warlika Sedo Putra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Arfan Hasan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Cindy Nur Pangkini Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Elvareta Tri Salsyah Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Drainase, Air, Permukiman, Saluran

Abstract

Jumlah penduduk yang semakin meningkat di lingkungan perkotaan memberi dampak terhadap tuntutan pemenuhan kebutuhan akan penyediaan lingkungan perumahan dan permukiman. Tidak terkecuali Kota Prabumulih, salah satu Kota yang ada di wilayah Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Kab Muara Enim. Perumahan Graha Taman Lingkar sebagai salah satu perumahan yang dikembangkan di Kota Prabumulih dihadapkan pada kondisi ancaman banjir kareana infrastruktur yang dibangun kurang memadai. Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang penting dalam suatu perumahan. Perancangan saluran yang sesuai perhitungan akan menunjang lingkungan sekitar area komplek perumahan terutama untuk menghindari terjadinya luapan air yang melebihi kapasitas saluran. Penelitian ini membahas tentanga kajian permasalahan banjir yang timbul di lingkungan Perumahan Graha Taman Lingkar Prabumulih untuk kemudian dijadikan sebagai pendekatan perancangan saluran drainase yang bertujuan untuk mengalirkan air dari suatu kawasan yang berasal dari air hujan maupun limbah domestik rumah tangga agar tidak terjadi genangan yang berlebihan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan metode kuantitatif yang diambil dari permasalahan yang timbul di lapangan. Data-data dihitung dengan menggunakan metode-metode yang telah dikembangkan oleh Dr. Mononobe. Berdasarkan perhitungan data tersebut, akan diketahui debit air yang ada didalam lingkup kawasan kajian sehingga dapat dijadikan sebagai dasar analisis perencanaan saluran yang memadai atau dapat meawadahi kapasitas air limpasan pada kawasan. Kata kunci : Drainase, Air, Permukiman, Saluran

References

Paehadi, Petunjuk Kerja Drainase, Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik , 1996.

I. M. Kamania, Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Yogyakarta: Graha Ilmu , 2011.

H. Hasmar, Drainase Terapan, Jakarta: UII Press, 2011.

Suripin, Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Yogyakarta: Andi , 2004.

L. D. Badriyah, “Kajian Banjir Akibat Pembangunan Perumahan dan Solusinya (Studi Kasus Perumahan Permata Indah Kec. Sumbersari Kab. Jember),” Repository UM Jember, Jember, 2015.

Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman , Tata Cara Penyusunaan Rencana Induk Sistem Drainase Perkotaan, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum , 2012.

S. P, Modul Prinsip-Prinsip dan Permasalahan Penanganan Drainase Jalan yang Berkelanjutan, Jakarta : BPSDM Pekerjaan Umum , 2016.

Nurhapni dan B. Hani, “KAJIAN PEMBANGUNAN,” Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota , vol. 11, no. 1, pp. 1-12, 2011.

A. hendi, “KAJIAN PERANCANGAN KAWASAN PERUMAHAN PADA LOKASI RAWAN,” Jurnal Arsir, vol. 1, no. No.2, pp. 110-128, 2017.

Soeparman dan Suparmin, Pembuangan Tinja dan Limbah Cair, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran, EGC, 2001.

Direktorat jenderal Bina Marga, SNI 03-3424-1994 Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan, Jakarta: Kementerian PUPR, 1994.

Downloads

Published

2022-09-13