PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN LINTAS TENGAH SUMATRA DESA PENGARINGAN PANDAN DULANG

Authors

  • Muhammad Gerry Alfareza State Polytechnic of Sriwijaya
  • Three Gustyan Akbar Bank Sumsel

Keywords:

Perkerasan kaku, Geometrik, dan Rencana Anggaran Biaya

Abstract

Perancangan Geometrik dan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Lintas Tengah Sumatera Desa Pengaringan-Pandan Dulang Provinsi Sumatera Selatan STA 35+500 – 41+754 diperlukan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Dari perhitungan didapatkan LHR selama 20 tahun pada tahun 2041 sebesar 22143,943 smp/jam dan termasuk jalan arteri kelas I. Jalan ini direncanakan memiliki 5 buah tikungan yang terdiri dari, 2 buah tikungan Spiral-Spiral, 1 buah tikungan Full Circle, dan 2 buah tikungan Spiral-Circle-Spiral yang mengacu kepada metode spesifikasi Bina Marga. Lebar jalur 3,5 m 2/2 UD, lebar bahu 2 x 1,5 m dan panjang jalan 6497,043 m. Lapis perkerasan yang direncanakan menggunakan perkerasan beton bersambung dengan tulangan setebal 20 cm dengan beton fc’35 Mpa dan lapis pondasi bawah agregat kelas b setebal 15 cm. Tulangan yang direncanakan pada jalan ini menggunakan mutu baja tulangan U 24 dengan tulangan memanjang 12D – 250 mm dan tulangan melintang 12D – 300 mm. Dimensi drainase dengan lebar dasar saluran 21 cm, tinggi saluran 61 cm, lebar atas saluran 143 cm dan tebal drainase 15 cm menggunakan pasangan batu dan mortar. Dimensi Box Culvert sebesar 100 cm x 100 cm, tebal 16 cm dan panjang 10 m sebanyak 11 buah dengan beton fc’ 25 Mpa. Berdasarkan perhitungan didapatkan rencana anggaran biaya sebesar Rp. 67.548.213.000 dengan waktu penyelesaian 236 hari kerja

Author Biography

Muhammad Gerry Alfareza, State Polytechnic of Sriwijaya

Teknik Sipil, Perancangan Jalan dan Jembatan

References

Hendarsin Shirley, L., 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Jurusan Teknik Sipil – Politeknik Negeri Bandung.

Saodang, H., 2004. Konstruksi Jalan Raya Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Penerbit Nova, Bandung.

Putranto, Yonandika Pandu, dan Ridwansyah, Achmad Miraj. 2016. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar-Solo. Tugas Akhir, Universitas Brawijaya, Malang.

Hadijah, Ida dan Harizalsyah, Mohamad, 2017. Perencanaan Jalan dengan Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga. Jurnal Tapak Vol. 6, No.2.

Direktorat Jendral Bina Marga, 2002. Pedoman Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/T/BM/1997. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Sukirman, S., 1999. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova, Bandung.

Darma Prabudi, Indrayani, 2020. Identifikasi Jenis dan Berat Kendaraan Terhadap Tata Guna Lahan Sebagai Dasar Perencanaan Jalan. Pilar Jurnal, Vol. 15, No. 01, pp 5 -11.

Downloads

Published

2023-03-21