Penerapan Unsur Permainan pada Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Andhik Ampuh Yunanto Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Yanuar Risah Prayogi Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Zulhaydar Fairozal Akbar Departemen Teknologi Media Kreatif, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Darlis Herumurti Departemen Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Siti Rochimah Departemen Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kata Kunci:

Unsur Permainan, Grammar Bahasa Inggris, Aplikasi Pembelajaran

Abstrak

AbstrakPada era ini, banyak sekali aplikasi yang tersedia di berbagai media online seperti di marketplace. Terdapat juga bermacam-macam jenis aplikasi seperti untuk tujuan hiburan, bantuan, kesehatan, monitoring, dan pembelajaran. Khususnya untuk aplikasi pembelajaran, saat ini juga memiliki banyak macam seperti pembelajaran simulasi, pembelajaran akademik, dan pembelajaran lainnya. Akan tetapi berdasarkan survei, aplikasi dengan jenis pembelajaran masih kurang diminati dan tidak populer. Disamping itu, terdapat aplikasi yang cenderung diminati oleh para pengguna yakni aplikasi permainan. Sehingga pada penelitian ini, diusulkan suatu pendekatan yakni dengan menggabungkan elemen permainan ke dalam sebuah aplikasi pembelajaran. Pendekatan ini menerapkan unsur-unsur yang sering ada di permainan seperti adanya nilai, karakter, level, dan alur permainan. Unsur-unsur tersebut akan digabungkan ke dengan unsur edukasi seperti adanya soal dan pilihan jawaban. Penelitian ini masih fokus untuk kasus pembelajaran grammar Bahasa Inggris. Pengujian dilakukan dengan cara unit testing dan user testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi pembelejaran ini dapat berjalan dengan semestinya. Serta hasil pengujian kepada pengguna juga mendapat nilai feedback yang dapat diterima yakni 7,6 atau 76%. Sehingga dari hasil dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran yang berbasis permainan ini dapat meningkatkan ketertarikan pengguna terhadap suatu aplikasi pembelajaran.  Kata kunci—Unsur Permainan, Grammar Bahasa Inggris, Aplikasi Pembelajaran  Abstract In this era, many applications are available in various online media such as the marketplace. There are also various types of applications such as for entertainment, assistance, health, monitoring and learning purposes. Especially for learning applications, currently there are many kinds of learning, such as simulation learning, academic learning, and other learning. However, based on the survey, applications with this type of learning are still less attractive and unpopular. Besides that, there are applications that tend to be of interest to users, namely game applications. So that in this study, an approach is proposed, namely by combining game elements into a learning application. This approach applies elements that are often found in games such as values, characters, levels, and gameplay. These elements will be combined with educational elements such as the existence of  questions  and  answer   choices. This research is  still focused on the case of learning English grammar. Testing is done by means of unit testing and user testing. The test results show that this learning application can run properly. And the test results to users also get an acceptable feedback value of 7.6 or 76%. So from the results it can be concluded that the development of this game-based learning application can increase user interest in a learning application Keywords— Game Elements, Grammar English, Learning Applications

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Andhik Ampuh Yunanto, Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Departemen Teknik Informatika

Yanuar Risah Prayogi, Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Departemen Teknik Informatika dan Komputer

Zulhaydar Fairozal Akbar, Departemen Teknologi Media Kreatif, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Departemen Teknologi Media Kreatif

Darlis Herumurti, Departemen Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Informatika

Siti Rochimah, Departemen Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Informatika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-14

Cara Mengutip

Yunanto, A. A., Prayogi, Y. R., Akbar, Z. F., Herumurti, D., & Rochimah, S. (2021). Penerapan Unsur Permainan pada Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(1), 01–08. Diambil dari https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/3242