Skillful Typing sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website

Authors

  • Ali Firdaus Kom. Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Erika Revisharani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ikhthison Mekongga Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281./5925/5.jupiter.2022.10

Abstract

Abstrak Media pembelajaran interaktif sangat berpengaruh dalam keberhasilan proses belajar dan mengajar. Dalam upaya membuat proses pembelajaran interaktif menjadi lebih menarik, maka diperlukan penggunaan media digital multimedia berupa komputer yang dapat memudahkan dalam memahami proses pembelajaran. Mengetik merupakan salah satu kemampuan dasar yang diperlukan dalam pekerjaan atau sekolah tetapi tidak semua orang mempunyai kemampuan mengetik dengan cepat dan menggunakan 10 jari. Solusi terbaik dari masalah tersebut adalah dibuat suatu perancangan aplikasi melatih keterampilan dan kemampuan mengetik pada komputer berbasis desktop dan laptop sebagai media pembelajaran interaktif dengan tujuan untuk memudahkan dalam melatih kemampuan mengetik pada komputer sebagai media pembelajaran interaktif yang praktis digunakan dari segi tempat dan waktu, serta memantau perkembangan kemampuan mengetik terutama pada pelajar. Adapun manfaat aplikasi ini yaitu, membantu melatih kemampuan dan keterampilan mengetik menggunakan 10 jari terutama pelajar dan meminimalisirkan terjadinya kecurangan dalam mengerjakan latihan dan test melatih kemampuan dan keterampilan mengetik. Berdasarkan pengujian sistem yang telah dilakukan menggunakan block box dengan metode Boundary Value Analysis, Aplikasi Skillful Typing sudah berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan dengan nilai efektifitas atau kelayakan sistem sebesar 99,735%.  Kata kunci: Mengetik 10 jari, kecepatan, akurasi, media pembelajaran interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-16

How to Cite

Kom., A. F., Erika Revisharani, & Ikhthison Mekongga. (2023). Skillful Typing sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website . JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 14(2-c), 681–689. https://doi.org/10.5281./5925/5.jupiter.2022.10

Issue

Section

Articles