IMPLEMENTASI AKUNTANSI PESANTREN PADA PONDOK PESANTREN AL-MUJADDADIYYAH KOTA MADIUN

Authors

  • Dewi Kirowati Politeknik Negeri Madiun
  • RB Iwan Noor Suhasto Politeknik Negeri Madiun
  • Shinta Noor Anggraeny Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5749282%20

Abstract

Munculnya Pedoman Akuntansi Pesantren yang efektif digunakan 2018, maka sangat membantu pondok pesantren di Kota Madiun dalam menyusun laporan keuangan. Pondok pesantren merupakan organisasi nirlaba yaitu organisasi yang memperoleh modal sendiri atau fund capital dengan cara meningkatkan surplus, menerima sumbangan atau bantuan donasi individu atau kelompok masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi pedoman akuntansi Pesantren dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan pondok pesantren Al- Mujaddadiyyah di Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang dipresentasikan dalam bentuk deskriptif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini diharapkan mendapat informasi tentang menyusun laporan keuangan pondok pesantren sesuai standar yaitu Pedoman Akuntansi Pesantren. Pondok Pesantren Al- Mujjadadiyah Kota Madiun belum mencatat aset yang dimiliki dalam laporan keuangan, maka dalam laporan keuangannya belum mengalokasikan beban penyusutan pada asetnya.

References

Ari Kristin Prasetyaningrum. 2015. Pengantar Akuntansi. Semarang :CV. Karya Abadi Jaya.
Mursyidi. 2013. Akuntansi Dasar jiid 1 Cetakan 2. Bogor :Ghalia Indonesia.
Indriantoro, N dan Supomo, B. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Efferin, S. 2004. Metode Penelitian untuk Akuntansi : Sebuah pendekatan praktis. Malang. Bayumedia Publishing.
Rianse, Usman dan Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
Septariana, N. 2012. “Pemetaan Opini Audit BPK pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur”. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.
Undang- Undang No. 18 Tahun 2019 tentang Pesantren
IAI dan Bank Indonesia. 2018. Pedoman Akuntansi Pesantren. Jakarta: Bank Indonesia, 2018.
Fina Ainur Rohmah. 2018. Rancangan Penerapan Pedoman AkuntansiPesantren Pada Pondok Pesantren Pada Pondok Pesantren Yanabi‟ul „UlumWarrrahmah (PPYUR) Kudus”, skripsi, Malang: Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.
Lukas Pamungkas Suherman. 2019. Analisis Pentingnya Akuntansi Pesantren AlMatuq Sukabumi. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia. Vol 2 No.2. Universitas Muhammdiyah Yogyakarta.
Soedirman. 2019. Fenomena Kualitas Laporan Keuangan Pesantren Berdasarkan Pedoman Akuntansi Pesantren dan PSAK No. 45. Jurnal Accounting . Juni. Vol.03.No.01. Universitas Soedirman.
Tinungki, Angelia Novrina Meilani dan Rudi. 2014, “Penerapan Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Berdasarkan PSAK No.45 Pada Panti Sosial Tresna Werdha Hana”, Jurnal Riset Ekonomi Vol 2 No.2 , Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Kirowati, D., Suhasto, R. I. N., & Anggraeny, S. N. (2021). IMPLEMENTASI AKUNTANSI PESANTREN PADA PONDOK PESANTREN AL-MUJADDADIYYAH KOTA MADIUN. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 5(2), 107–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.5749282