Analisis Pengaruh Budgetary Solvency Ratio Terhadap Financial Distress Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Selatan

Authors

  • Yevi Dwitayanti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Rosy Armaini Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Siska Aprianti Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4269848

Abstract

Budgetary solvency ratio merupakan perbandingan antara total pendapatan pemerintah daerah dengan total belanja yang harus dikeluarkan. Perilaku boros pemerintah daerah yang menguras separuh lebih anggarannya hanya untuk belanja pegawai dikhawatirkan akan mengantarkan pemerintah daerah pada kondisi kebangkrutan. Memprediksi mengenai potensi kebangkrutan sangat penting sebagai bahan evaluasi kinerja pemerintah daerah yang selama ini terjadi. Sehingga dapat diambil suatu kebijakan untuk memperbaiki kondisi dan kinerjanya. Financial distress merupakan ketidakmampuan pemerintah untuk menyediakan dana (kesulitan keuangan) yang berakibat ketidakmampuan pemerintah untuk memberi pelayanan pada publik sesuai standar minimal mutu pelayanan yang telah ditetapkan.Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2015-2017. Alat analisis yang akan digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) Versi 20.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa budgetary solvency ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, artinya semakin tinggi nilai budgetary solvency ratio di pemerintah daerah maka semakin tinggi pula kemungkinan pemerintah daerah mengalami financial distress.Kata kunci : Budgetary Solvency Ratio dan Financial Distress

Author Biographies

Yevi Dwitayanti, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Akuntansi

Rosy Armaini, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Akuntansi

Siska Aprianti, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Akuntansi

References

Adi, P. H. 2012. “Kemampuan Keuangan Daerah dalam Era Otonomi dan Relevansinya dengan Pertumbuhan Ekonomi”. Kritis, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin. XXI(1). 1–19.
Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika (Teori, Konsep dan Aplikasi denganSPSS 17). Badan Penebit Universitas Diponegoro: Semarang

Hasan, M., & Nurhidayat, Y. 2016. Laporan Analisis Anggaran Daerah 2016 Hasil Penelitian di 70 Kabupaten/Kota. Seknas FITRA dan The Ford Foundation: Jakarta.

Jones, S., & Walker, R. G. 2007. “Explanators of Local Government Distress”. Abacus. 43(3). 396–418.

Mahmudi. 2016. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. UPP STIM YPKM: Yogyakarta.

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Sekretariat Negara. Jakarta.


Republik Indonesia. 2019. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Sekretariat Negara. Jakarta.

Ritonga, I., Clark, C., & Wickremasinghe, G. 2012. “Assessing Financial Condition of Local Government in Indonesia : an Exploration”. Public and Municipal Finance, 1(2), 37–50.

Ritonga. 2014. Analisis Laporan Keuangan Pemda. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Sartika, D. 2016. Analisis Prediksi Financial Distress Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia Periode 2011-2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sujarweni, D. V. 2017. Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Pustaka Baru Press: Yogyakarta.

Sutaryo. 2009. Nilai Relevan Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Sutaryo, B. Sutopo, dan Rahmawati. 2012. Relevansi Informasi Laporan Keuangan Cash Modified Basis:Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Status Financial Distress Pemerintah Daerah di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV Banjarmasin.

Syurmita. 2014. Prediksi Financial Distress Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XVII Lombok.


Yanti, R. D. 2018. Kemapuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Status Financial Distress Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat Periode 2012-2016. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2020-11-12

How to Cite

Dwitayanti, Y., Armaini, R., & Aprianti, S. (2020). Analisis Pengaruh Budgetary Solvency Ratio Terhadap Financial Distress Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 4(2), 137–144. https://doi.org/10.5281/zenodo.4269848