PENERAPAN MARKETING 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN PROMOSI PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Ummasyroh Ummasyroh, Yusnizal Firdaus, Titi Andriyani

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah: a)  Apakah menurut pendapat para siswa, Politeknik Negeri Sriwijaya sudah menerapkan Marketing 4.0 secara optimal dalam mempromosikan Politeknik Negeri Sriwijaya?  b. Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat penerapan Marketing 4.0 sebagai media pemasaran digital dalam mempromosikan Politeknik Negeri Sriwijaya?.  Model yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan persentase dari jawaban responden.  Untuk melihat persentasi dari jawaban responden terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada pada kuesioner maka digunakan rumus Indeks Skor (IS).  Analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data-data yang kemudian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif, analisis kualitatif dan analisis komparatif.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah Politeknik Negeri Sriwijaya dalam  menerapkan Marketing 4.0 berdasarkan penilaian dari para siswa SMAN 8, SMAN 4, SMAN 2 menyatakan bahwa semua pernyataan mendapatkan nilai rata-rata di atas 80% dan termasuk dalam kategori interprestasi skor (IS) “Sangat Kuat”.  Penilaian berbeda yang diberikan oleh para siswa dari SMAN 1 Palembang yang memberikan nilai rata-rata 70% dan termasuk dalam kategori interprestasi skor (IS) = “Kuat”.  Faktor-faktor yang dapat menghambat penerapan Marketing 4.0 sebagai media pemasaran digital dalam mempromosikan Politeknik Negeri Sriwijaya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai seperti seringkali web site Polsri tidak berfungsi dengan baik (down) apalagi bila grafik penggunaannya meningkat.


Keywords


Marketing 4.0, promosi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Hassim, Andreas. 2019. Revolusi Model Bisnis Pada Era Industri 4.0. https://id.beritasatu.com/home/revolusi-model-bisnis-pada-era-industri-40/147399, Diakses tanggal 12 Maret 2019.

Kotler, Philip, dkk., 2019. Marketing 4.0 Moving From Traditional To Digital. Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey Published simultaneously in Canada

Kotler, Philip, dkk., 2019. Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital (Terjemahan). Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey Published simultaneously in Canada . Jakarta: PT Gramedia.

Kurniawan, Sigid. 2019. Mengenali Tiga Paradoks Pemasaran., http://marketeers.com/mengenali-tiga-paradoks-pemasaran-di-post-truth/. Diakses tanggal 12 Maret 2019.

Kurniawan, Sigid. 2019. Memahami Marketing 4.0 Dalam Konteks Ekonomi Digital. http://marketeers.com/mengenal-marketing-4-0-dalam-konteks-ekonomi-digital/. Diakses tanggal 12 Maret 2019.

Anonim. 2017. 13 Faktor Penting Pemasaran Digital Untuk Para Praktisi. https://jakartaurbanhosting.com/13-faktor-penting-pemasaran-digital/. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019.

Saputra, Memed. 2019. Marketing 4.0. https://mbi.ilearning.me/2018/05/11/marketing-4-0/.Diakses tanggal 12 Maret 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3865195

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Riset Terapan Akuntansi This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Statistik Kunjungan: