KONDISI INKLUSI, POTENSI DAN KENDALA PENGGUNAAN, TINGKAT PENGARUH LAYANAN DIGITAL, SERTA PENYUSUNAN MODEL LAYANAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN AKSES KEUANGAN PADA PROVINSI SUMATERA SELATAN (Studi Kasus Pada Provinsi Sumatera Selatan)

Authors

  • Niken Ayu Ningrum Program Studi Akuntansi Politeknik Sekayu

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3837713

Keywords:

Efektivitas kebijakan moneter, inklusi keuangan, kebijakan moneter, layanan keuangan formal, Layanan Keuangan Informal, Vector Error Correction Model (VECM)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi keuangan, hak properti masyarakat, fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan, layanan keuangan pada sektor pemerintah dan perlindungan konsumen terhadap pendapatan pengrajin rotan di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.Teknik pengambilan sampel menggunakanmenggunakan metode teknik sampling acak (rondom sampling) dan diperoleh sampel penelitian 30. Variabel independen (x) meliputi : edukasi keuangan, hak properti masyarakat, fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan, layanan keuangan pada sektor pemerintah dan perlindungan konsumen. Metode analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang rasio DPK, suku bunga kredit, nilai tukar, dan jumlah uang beredar berpengaruh positif terhadap inflasi, sedangkan rasio kredit berpengaruh positif terhadap inflasi. Variabel indikator inklusi keuangan, suku bunga kredit, nilai tukar, dan jumlah uang beredar memiliki peran dalam menjelaskan variasi efektivitas kebijakan moneter, namun dalam jangka panjang, lebih dari 50persen variasi efektivitas kebijakan dijelaskan olehinflasi.Rendahnya peran variabel indikator inklusi keuangan dalam menjelaskan efektivitas kebijakan moneter karena inklusi keuangan di Indonesia masih dalam tahap pengembangan. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel suku bunga kredit dan nilai tukar sangat responsif terhadap perubahan inflasi, sehingga diperlukan perhatian khusus untuk menjaga kedua variabel tersebut.

Author Biography

Niken Ayu Ningrum, Program Studi Akuntansi Politeknik Sekayu

Politeknik Negeri Sriwijaya

References

Agus, Widarjono. 2013. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.
Hassan Miraza, Bachtiar. 2014. Membangun Keuangan Inklusif. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi I Vol. 23 No. 2 Desember 2014.
Mbutor, M. and Uba, I. 2013.The Impact of Financial Inclusion on Monetary Policy in Nigeria. Journal of Economics and International Finance, 5, 318-326. (http://dx.doi.org/10.5897/JEIF2013.0541, diakses pada tanggal 18 Juli 2019).
Lapukeni, Angella Faith. 2015. Financial Inclusion, ICBT and the roleof ICT in COMESA. Advance Economic and business 3(12): 529 537.
Sunyoto, 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Inklusif.
Politeknik Sekayu. 2017. Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa. Percetakan dan Penerbitan Politeknik Sekayu.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Ningrum, N. A. (2019). KONDISI INKLUSI, POTENSI DAN KENDALA PENGGUNAAN, TINGKAT PENGARUH LAYANAN DIGITAL, SERTA PENYUSUNAN MODEL LAYANAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN AKSES KEUANGAN PADA PROVINSI SUMATERA SELATAN (Studi Kasus Pada Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 3(2), 154–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.3837713