PENGARUH METODE INSTRUKSIONAL TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN VOKASI AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3837671Keywords:
metode instruksional, kompetensi dan vokasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode instruksional terhadap kompetensi lulusan pendidikan vokasi akuntansi.Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik pengumpulan data survey dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh perguruan tinggi vokasi akuntansi yang ada di Sulawesi yakni Adapun sampel pada penelitian ini berasal dari perguruan tinggi Politeknik Negeri di wilayah Sulawesi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi akuntansi yakni Politeknik Negeri Ujung Pandang dan Politeknik Negeri Manado berjumlah masing-masing 100 orang mahasiswa sehingga total responden adalah 200 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode instruksional berpengaruh signifikan terhadap kompetensi.References
Clinton, B. D., & Kohlmeyer, J. M. III, (2005). The effects of group quizzes on performance and motivation to learn: Two experiments in cooperative learning. Journal of Accounting Education, 23(2), 96 -116.
Cullen, J., Richardson, S., & O’Brien, R. (2004).Exploring the teaching potential of empirically-based case studies.Accounting Education, 13(2), 251–266.
Duff, Angus. (2004). Understanding academic performance and progression of first year accounting and business economics undergraduates: the role of approaches to learning and prior academic achievement. AccountingEducation.13(4), 409–430
Frederickson, James R & Pratt, Jamie.(1995). A Model of the Accounting Education Process.Issues in accounting education.10(2), 229-246.
Furqan, Andi Chairil (2009). Metoda Instruksional Sebagai Pemediasi Pengaruh Persyaratan Penerimaan dan Teknologi Pendidikan Terhadap Kompetensi Lulusan
Pendidikan Akuntansi di Indonesia, Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Ghozali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural: Konsep Aplikasi dengan AMOS 16,0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
____________. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Indrajit, R. Eko & Djokopranoto, Richardus. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Penerbit ANDI. Yogyakarta
Jogiyanto, (2008).Pedoman Survei Kuesioner. BPFE.Yogyakarta.
Murphy, Elizabeth A. & Hoeppner, Christopher J. (2002).Using technology and library resources in financial acccounting courses.Journal of Accounting Education.Ed. 20, 331–346
Nouri, H., & Shahid A. (2005).The effect of PowerPoint presentations on student learning
P-ISSN : 2579-969X ; E-ISSN : 2622-7940
88 Jurnal Riset Terapan Akuntansi, Vol.3 No.2, Juli 2019
and attitudes.Global Perspectives on Accounting Education, 2, 53–73,.http://gpae.bryant.edu/~gpae/content.htm.
Presiden Republik Indonesia, Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
______, Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Suwardjono. (2005). Belajar-Mengajar di Perguruan Tinggi: Redefinisi Makna Kuliah. www.suwardjono.com
Syukur, Fatah. (2008). Teknologi Pendidikan.RaSAIL Media Group. Semarang.
Watson, S. F., Apostolou, B., Hassell, J. M. & Webber, S. A. (2007).Accounting education literature review (2000–2002).Journal of Accounting Education.Ed. 21, 267–325
Weil, S., Oyelere, P., & Rainsbury, E. (2004). The usefulness of case studies in developing core competencies in a professional accounting programme: A New Zealand study. Accounting Education, 13(2), 139–169.
Cullen, J., Richardson, S., & O’Brien, R. (2004).Exploring the teaching potential of empirically-based case studies.Accounting Education, 13(2), 251–266.
Duff, Angus. (2004). Understanding academic performance and progression of first year accounting and business economics undergraduates: the role of approaches to learning and prior academic achievement. AccountingEducation.13(4), 409–430
Frederickson, James R & Pratt, Jamie.(1995). A Model of the Accounting Education Process.Issues in accounting education.10(2), 229-246.
Furqan, Andi Chairil (2009). Metoda Instruksional Sebagai Pemediasi Pengaruh Persyaratan Penerimaan dan Teknologi Pendidikan Terhadap Kompetensi Lulusan
Pendidikan Akuntansi di Indonesia, Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Ghozali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural: Konsep Aplikasi dengan AMOS 16,0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
____________. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Indrajit, R. Eko & Djokopranoto, Richardus. (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Penerbit ANDI. Yogyakarta
Jogiyanto, (2008).Pedoman Survei Kuesioner. BPFE.Yogyakarta.
Murphy, Elizabeth A. & Hoeppner, Christopher J. (2002).Using technology and library resources in financial acccounting courses.Journal of Accounting Education.Ed. 20, 331–346
Nouri, H., & Shahid A. (2005).The effect of PowerPoint presentations on student learning
P-ISSN : 2579-969X ; E-ISSN : 2622-7940
88 Jurnal Riset Terapan Akuntansi, Vol.3 No.2, Juli 2019
and attitudes.Global Perspectives on Accounting Education, 2, 53–73,.http://gpae.bryant.edu/~gpae/content.htm.
Presiden Republik Indonesia, Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
______, Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Suwardjono. (2005). Belajar-Mengajar di Perguruan Tinggi: Redefinisi Makna Kuliah. www.suwardjono.com
Syukur, Fatah. (2008). Teknologi Pendidikan.RaSAIL Media Group. Semarang.
Watson, S. F., Apostolou, B., Hassell, J. M. & Webber, S. A. (2007).Accounting education literature review (2000–2002).Journal of Accounting Education.Ed. 21, 267–325
Weil, S., Oyelere, P., & Rainsbury, E. (2004). The usefulness of case studies in developing core competencies in a professional accounting programme: A New Zealand study. Accounting Education, 13(2), 139–169.
Downloads
Published
2019-10-31
How to Cite
Rastina Achmad, A. S. S. .-. (2019). PENGARUH METODE INSTRUKSIONAL TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN VOKASI AKUNTANSI. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 3(2), 83–88. https://doi.org/10.5281/zenodo.3837671
Issue
Section
Articles