EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PADA PDAM KABUPATEN BANYUASIN (Studi Kasus Pada PDAM Banyuasin)

Authors

  • Niken Ayuningrum - Ryan Al Rachmat Program Studi Akuntansi Politeknik Sekayu

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3840729

Keywords:

Efektvitas, Piutang Tak Tertagih, Manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penagihan piutang yang dijalankan oleh PDAM Kab. Banyuasin apakah telah memasuki kriteria baik dalam penilaian yang ditentukan dalam Kementrian Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999 dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi keefektivan penagihan piutang yang dijalankan oleh PDAM Kab. Banyuasin. Sumber data dalampenelitian ini yaitu data primer melalui wawancara, sedangkan data sekunder melalui dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penagihan piutang pada PDAM Kab. Banyuasin tidak dijalankan secara efektif. Perusahaan mengalami banyak kendala ketika proses pengurangan jumlah piutang tak tertagih yang disebabkan oleh factor internal dan eksternal. Namun PDAM Kab. Banyuasin bersedia melakukan beberapa hal perbaikan dalam peningkatan efektivitas penagihan dan menurunkantingkatan piutang tak tertagih.

Author Biography

Niken Ayuningrum - Ryan Al Rachmat, Program Studi Akuntansi Politeknik Sekayu

Politeknik Negeri Sriwijaya

References

Anggraeni, Elly. 2008. Pengendalian Saldo Piutang Melalui Penetapan Persentase Realisasi Penagihan dan Frekuensi Kesalahan Pemberian Kredit (Studi Kasus Pada PT. Srikandi Plastik Sidoarjo). Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Hartati, Dian. 2009. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Hamel, Gery. 2013. Evaluasi system Pengendalian Intern Terhadap Piutang (Studi Kasus pada PT. Nusantara Surya Sakti). Universitas Sam
Ratulangi.
Kuswadi, 2005, Cara Mudah Memahami Angka dan Manajemen Keuangan Bagi Orang Awam, Penerbit : Gramedia, Jakarta.
Munawir, S., 2012 Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan ketigabelas, Yogyakarta, Liberty.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun
1999. Tentang “Pedoman Penilaian Kinerja
Perusahaan Daerah Air Minum”.
Romansha, Roy. 2008. Audit Keuangan atas Penjualan dan Piutang Usaha (Studi Kasus pada PT. Simran Jaya). Universitas Bina Nusantara.
Syakur, Syafi’i Ahmad.2009. Intermediate

Downloads

Published

2019-10-10

How to Cite

Ryan Al Rachmat, N. A. .-. (2019). EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PADA PDAM KABUPATEN BANYUASIN (Studi Kasus Pada PDAM Banyuasin). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 149–152. https://doi.org/10.5281/zenodo.3840729