EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PADA PDAM KABUPATEN BANYUASIN (Studi Kasus Pada PDAM Banyuasin)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3840729Keywords:
Efektvitas, Piutang Tak Tertagih, ManajemenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penagihan piutang yang dijalankan oleh PDAM Kab. Banyuasin apakah telah memasuki kriteria baik dalam penilaian yang ditentukan dalam Kementrian Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999 dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi keefektivan penagihan piutang yang dijalankan oleh PDAM Kab. Banyuasin. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu data primer melalui wawancara, sedangkan data sekunder melalui dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penagihan piutang pada PDAM Kab. Banyuasin tidak dijalankan secara efektif. Perusahaan mengalami banyak kendala ketika proses pengurangan jumlah piutang tak tertagih yang disebabkan oleh factor internal dan eksternal. Namun PDAM Kab. Banyuasin bersedia melakukan beberapa hal perbaikan dalam peningkatan efektivitas penagihan dan menurunkan
tingkatan piutang tak tertagih.
References
Hartati, Dian. 2009. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara, Medan.
Hamel, Gery. 2013. Evaluasi system Pengendalian Intern Terhadap Piutang (Studi Kasus pada PT. Nusantara Surya Sakti). Universitas Sam
Ratulangi.
Kuswadi, 2005, Cara Mudah Memahami Angka dan Manajemen Keuangan Bagi Orang Awam, Penerbit : Gramedia, Jakarta.
Munawir, S., 2012 Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan ketigabelas, Yogyakarta, Liberty.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun
1999. Tentang “Pedoman Penilaian Kinerja
Perusahaan Daerah Air Minumâ€.
Romansha, Roy. 2008. Audit Keuangan atas Penjualan dan Piutang Usaha (Studi Kasus pada PT. Simran Jaya). Universitas Bina Nusantara.
Syakur, Syafi’i Ahmad.2009. Intermediate