KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PROFESIONALISME DAN KUALITAS AUDIT PADA AUDITOR BPKP

Authors

  • Nila Aprila Indah Oktari Wijayanti Ria Marantika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3837929

Keywords:

Kompetensi, Independensi, Profesionalisme, dan Audit Kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah kompetensi, independensi dan profesionalismeberpengaruh terhadap audit di BPKP. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di BPKP Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner langsung ke responden. Hipotesis penelitian adalah kompetensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit BPKP Provinsi Bengkulu di bidang pengawasan keuangan, independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit BPKP provinsi Bengkulu di bidang keuangan pengawasan dan profesionalisme berpengaruh positif terhadap kualitas audit BPKP Provinsi Bengkulu di bidang pengawasan keuangan. Data diolah menggunakan analisis regresi berganda SPSS. Hipotesis yang akan dijawab berdasarkan hasil regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi, independensi dan profesionalisme berpengaruh terhadap kualitas audit BPKP Provinsi Bengkuluu dalam bidang pengawasan keuangan.

Author Biography

Nila Aprila Indah Oktari Wijayanti Ria Marantika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu

References

Agusti, Restu, dan Pertiwi, Putri, Nastia, 2013. “Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit”. studiempiris pada kantor akuntan publik se sumatera. jurnal ekonomi volume 21, Nomor
3



AICPA, (American Institute of Certified Public Accountants), 1941. Committee on Terminology.New York: AICPA Inc.
Alim, dkk, 2007. “Pengaruh Kompetensi dan
Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal SNA X. Makassar.
Anggriyani, Dwi, Mia, 2017. “Pengaruh Pengetahuan, Pengalaman Kerja Audit, Akuntabilitas, Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor Internal”. Studi Kasus Kantor Inspektorat: Jurnal Ekonomi Jawa Tengah.
Efendy, Muh, Taufiq 2010.“Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi terhadap Kualitas Audit”. Aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah.Studi Empiris pada Pemerintah Kota Gorontalo. Skripsi: Universitas Diponegoro.
Fritz, Heider, 1958. ThePpsychology of Interpersonal
Relations, New York: Wiley
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Government Accountability Office and Institute of
Internal Auditors, 2009. Professional
Guidance, A Comparison. IIA.
Ikatan Akuntan Indonesia, 2013. Pernyataan Standar Keuangan 01 : Penyajian Laporan Keuangan (Revisi 2013). Jakarta : IAI
Menteri Keuangan, 2008. Peraturan Menteri
Keuangan Republik Indonesia Nomor
17/PMK.01/2008 pasal 3 tentang “Jasa
Akuntan Publik”. Jakarta.
Nurjanah, Bunga, Irwanti, 2016. “Pengaruh Kompetensi, Independensi, Etika, Pengalaman Auditor, Skeptisme Profesional Auditor, Objektifitas Dan Integritas Terhadap Kualitas Audit”. studi pada kantor akuntan publik. Jurnal Ekonomi: di kota semarang.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Apparatur
Negara (Permenpan) Nomor: 19 Tahun 2009

tentang pedoman kendali mutu audit aparat pengawasan intern pemerintah.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor PER/05/M.PAN/03/2008. Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta.
Purnamasari, Ditha, Putu, Pande, dan Merkusiwati, Aryani, Lely, Ketut, Ni, 2017. “ Pengaruh Kompleksitas Tugas, Independensi, Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Integritas Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 19 (3).
Pusdiklatwas BPKP. (2014). Modul Diklat
Pembentukan
Silalahi, Paulus, Sem, 2013. “Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit, dan Situasi Audit Terhadap Skeptisisme Profesional Auditor”. Jurnal Ekonomi (21), Nomor 3
September 2013.
Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang dituangkan dalam Peraturan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia No. 1 Tahun 2007.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke -20. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Weni, 2017. “Persepsi Auditor Tentang Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Audit Internal”. Tesis Studi Magister AkuntansiFakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Bengkulu.
Triarini, dkk, 2016. “Pengaruh Kompetensi, Skeptisme Profesional, Motivasi, dan Displin terhadap Kualitas Audit”. Kantor Inspektorat Kabupaten/Kota Di Bali.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Winarto, Yudho 2013. “PTUN Putus Audit BPKP di Indosat-IM2 Tak Sah”.Https://www.geoogle.com./amp.kontan.c o.id/news.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-05

How to Cite

Ria Marantika, N. A. I. O. W. (2019). KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PROFESIONALISME DAN KUALITAS AUDIT PADA AUDITOR BPKP. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.5281/zenodo.3837929