PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3839945Keywords:
Islamic Social Reporting (ISR)Abstract
Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) mulai berkembang di ekonomi syariah. Hal ini terbukti semakin banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip syariah di
setiap kegiatan bisnisnya yang diharapkan perusahaan tersebut dapat melakukan tanggung jawab  sosial  perusahaan  secara  islami.  Terkait  dengan  adanya  kebutuhan  mengenai
pengungkapan tanggung jawab sosial di perbankan syariah, saat ini marak diperbincangkan mengenai Islamic Social  Reporting (ISR). Islamic Social  Reporting (ISR)  diyakini dapat menjadi  langkah  awal  dalam  hal  standar  pengungkapan  Corporate  Social  Responsibility
(CSR) yang sesuai dengan perspektif Islam. Sebagai bank syariah pertama di Indonesia, sudah selayaknya PT. Bank Muamalat Indonesia dalam menjalankan fungsi sosialnya juga harus
melakukan pengungkapan sosial dalam menyusun laporan keuangannya. Penelitian ini penting untuk dilakukan dalam upaya membuktikan secara empiris pengaruh ukuran perusahaan (size) terhadap pengungkapan Islamic Social  Reporting (ISR). Sampel yang akan digunakan dalam
penelitian adalah PT. Bank Muamalat Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2013-
2016. Alat analisis yang akan digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan  program  SPSS  (Statistical  Package  for  Social  Science)  Versi  20.  Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh terhadap Islamic Social
Reporting (ISR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia.References
Standards for Internantional Financial Institution
Firmansyah, Irman. 2013. Tanggungjawab Sosial Perbankan Syariah Suatu Kajian dalam Pengungkapan Laporan Tahunan menurut Pandangan Islam (Studi di Indonesia dan Malaysia). Bandung : Penerbit Mujahid Pres.
Fitria, S dan Hartanti, D. 2010. Islam dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto
Ghozali, Imam. 2009. Eonometrika (Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17). Badan Penebit Universitas Diponegoro: Semarang.
Haniffa, R., 2002. Social Reporting DisclosureAn Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research 1 (2), pp.128-146.
Hasanah, Uswatun. 2015. Kepatuhan Prinsip-Prinsip Syariah dan Islamic Corporate Governance Terhadap Kesehatan Finansial Pada Bank Umum Syariah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Harahap, Sofyan Safri. 2010. Teori Akuntansi. Edisi
Revisi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kasih, Adinda Mutiara. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Muetia, Intan. 2010. Menata Pengungkapan di Bank
Islam (Suatu Pendekatan Kritis). Citra Pustaka.
Raditya, Amilia. Nurul. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES). Skripsi. FE Universitas Indonesia.
Widiawati, Septi dan Surya Raharja. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan - Perusahaan Yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-
2011. Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 1, Nomor 2,Tahun 2012, Halaman 1-15.
www.ojk.go.id (diakses tanggal 8 Januari 2018)
www.bankmuamalat.co.id (diakses tanggal 23
Januari 2018)