PERBAIKAN KUALITAS CORAN PROPELLER PADA INDUSTRI KECIL DENGAN METODE TAGUCHI

Main Article Content

Indra HB

Abstract

Kualitas coran propeller hasil Industri kecil sangat rendah, ini didapat dilihat dari banyaknya komplain dari pengguna produk tersebut. Keluhan yang banyak dilontarkan antara lain, mudah patahnya propeller saat terjadi benturan dengan benda-benda yang ada di sungai. Hal ini tidak dapat direspon oleh industri kecil karena keterbatasan pengetahuan dan biaya. Metode taguchi menjawab semua permasalahan tersebut dimana tujuan dari metode ini adalah perbaikan proses dan disain kualitas. Perbaikan atau peningkatan kualitas bukan berarti peningkatan biaya produksi sehingga dapat dihasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik dengan biaya yang rendah. Aplikasi metode Taguchi diterapkan pada kekuatan tarik coran propeller yang termasuk dalam karakteristik higher is better karena semakin tinggi kekuatan tarik coran propeller maka semakin bagus kualitasnya. Pada data kekuatan tarik coran propeller terdapat empat factor control dan dua level yaitu : penanganan bahan baku (level: tidak dibersihkan dan dibersihkan) ; bahan bakar (level: oli bekas dan gas) ; temperature tuang (level: 420oC dan 480oC) ; temperatur cetakan (level: 100oC dan 120oC). Hasil analisa perhitungan menunjukan factor yang paling berpengaruh terhadap kekuatan tarik coran propeller yaitu bahan bakar dengan gas dan temperatut tuang 480oC serta eksperimen konfirmasi mengalami peningkatan pada rata-rata dan variabilitasnya. Dengan demikian kombinasi optimal factor-faktor tersebut diatas dapat meningkatkan kekuatan tarik coran propeller.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HB, I. (2011). PERBAIKAN KUALITAS CORAN PROPELLER PADA INDUSTRI KECIL DENGAN METODE TAGUCHI. AUSTENIT, 3(01). https://doi.org/10.5281/zenodo.4544225
Section
Articles

References

1. Campbell.J, Casting, Butterword, Oxford, 2000.

2. Surdia.T.,Chijiiwa.K., Teknik Pengecoran Logam, Pradnya Paramita, Jakarta 1996

3. DeGarmo EP.,Black JT.,Kohse R.,Materials and Processes in Manufacturing.,Macmillan Publishing Co, Newyork,1984

4. Bagchi, Tapan P. , Taguchi Method Explained : Practical Step to Robust Design. Prentice Hall of India Private Limited, New Delhi.

5. Belavendram, Nicolo, 1995, Quality By Design : Taguchi Technique for Industrial Experimentation, United Kingdom Prentice Hall.

6. Feigenbaum, A.V. , 1986, Total Quality Control 3rd Edition, McGraw Hill International Editions, New York.

7. Gaspersz, Vincent, 2003, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas,PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

8. Ross, Phillip J., 1996, Taguchi Techniques for Quality Engineering : Loss Function, Ortogonal Eksperimen, Parameter and Tolerance Design, McGraw Hill International Editions, New York.

9. Sutalaksana, Iftikar Z., dkk, 1979, Teknik Tata Cara Kerja, Institut Teknologi Bandung, Bandung.