SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN TANAH UNTUK PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS IOT

Penulis

  • Abdiansyah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • A. Rahman Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Renny Maulidda Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.12880568

Kata Kunci:

Internet of Things (IoT), smart farming, aplikasi mobile.

Abstrak

Penelitian ini membahas sistem monitoring suhu dan kelembaban tanah berbasis Internet of Things (IoT) untuk penyiraman tanaman otomatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini efektif dan memberikan hasil yang positif. Dengan mengandalkan data sensor yang dikumpulkan secara real-time, sistem dapat mengoptimalkan penggunaan air melalui pengaturan jadwal dan jumlah penyiraman sesuai kebutuhan tanaman, sehingga meningkatkan efisiensi penyiraman. Pengguna juga dapat mengontrol dan memantau kondisi tanaman mereka kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi mobile, yang memberikan kenyamanan dan fleksibilitas lebih dalam merawat tanaman. Sistem berbasis IoT ini terbukti andal dalam transmisi data antara perangkat keras (sensor dan aktuator) dan perangkat lunak (aplikasi mobile), sehingga memberikan performa yang konsisten dan stabil. Penelitian ini mencatat bahwa error pada sensor kelembaban tanah sebesar 0,25% dan sensor suhu sebesar 0,019%, menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi.

Referensi

N. Effendi, W. Ramadhani, dan F. Farida, “Perancangan Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor Kelembapan Tanah Berbasis IoT,†Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 2, hlm. 91–98, Agu 2022, doi:10.37859/coscitech.v3i2.3923.

H. Fitriawan, “Korespondensi Penulis Untuk Artikel" Pengendalian Suhu dan Kelembaban pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis IoT",†2020.

N. Iksan dkk., “JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem Kendali Suhu dan Kelembapan pada Alat Penetas Telur Berbasis Fuzzy Logic Controllerâ€.

I. Z. T. Dewi, M. F. Ulinuha, W. A. Mustofa, A. Kurniawan, dan F. A. Rakhmadi, “Smart farming: Sistem tanaman hidroponik terintegrasi IoT MQTT panel berbasis android,†Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, vol. 9, no. 1, hlm. 71–78, 2021.

D. Suryana, “Pengaruh temperatur/suhu terhadap tegangan yang dihasilkan panel surya jenis monokristalin (studi kasus: Baristand Industri Surabaya),†Jurnal teknologi proses dan inovasi industri, vol. 1, no. 2, 2016.

N. Sumarni dan A. Hidayat, “Budidaya bawang merah,†Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Bandung, hlm. 4, 2005.

D. Setiawan, H. Eteruddin, dan A. Arlenny, “Desain dan Analisis Inverter Satu Fasa Berbasis Arduino Menggunakan Metode SPWM,†Jurnal Teknik, vol. 13, no. 2, hlm. 128–135, 2019.

A. B. C. Dien, V. C. Poekoel, dan M. Pakiding, “Redesain Instalasi Listrik Dikantor Pusat Universitas Sam Ratulangi,†Jurnal Teknik Elektro

S. L. SU, D. N. Singh, dan M. S. Baghini, “A critical review of soil moisture measurement,†Measurement, vol. 54, hlm. 92–105, 2014.

V. T. Bawotong, D. J. Mamahit, dan S. R. U. A. Sompie, “Rancang bangun uninterruptible power supply menggunakan tampilan LCD berbasis mikrokontroler,†Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4, no. 2, hlm. 1–7, 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29

Terbitan

Bagian

Articles