PEMODELAN TRIP DISTRIBUTION DI KOTA BATURAJA DENGAN SOFTWARE PTV VISUM

Authors

  • Paramitha Syafarina Politeknik Negeri Srwijaya

Keywords:

Distribusi Perjalanan, Trip Distribution, Matrik Asal Tujuan, PTV Visum

Abstract

Kota Baturaja adalah sebuah kota kecil yang terdiri dari dua kecamatan yaitu kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat. Walaupun kota kecil tapi tingkat perjalanan warganya sangat tinggi, mengingat Baturaja adalah pusat kota utama di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan sekitarnya. Pada penelitian ini dibuat pemodelan transportasi yaitu distribusi perjalanan (trip distribution) dengan bantuan software yaitu PTV Visum untuk memodelkan dan mengetahui sebaran pergerakan perjalanan di Kota Baturaja. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi distribusi sebaran perjalanan pada jaringan jalan di Kota Baturaja di masa mendatang. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan dengan PTV Visum untuk menganalisa sebaran pergerakan (Trip Distribution) didapat hasil yang sama dengan perhitungan manual dengan metode seragam. Hasil distribusi perjalanan pada tahun rencana dengan menggunakan metode seragam adalah sebesar 88960 orang/hari. Sedangkan Hasil distribusi perjalanan pada tahun rencana dengan menggunakan PTV Visum adalah ssebesar 88955,50 orang/hari. Hal ini menunjukkan bahwa model distribusi perjalanan pada PTV Visum dapat digunakan untuk menganalisis sebaran perjalanan dan analisis pembebanan lalu lintas selanjutnya. Dan bisa menjadi bahan pertimbangan pihak terkait dalam pembangunan infrastruktur dimasa yang akan dating.

References

Kadir, Yulianti. 2012. Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Pusat Perbelanjaan Gorontalo Mall. Laporan Hasil Penelitian Dana PNBP Tahun ANggaran 2012. Gorontalo.

Maulidiawati, Arini Candra. 2016. Pemodelan Distribusi Perjalanan DI Kota Denpasar Dengan Software Visum Versi 15. Jurnal Skripsi Jurusan Teknik Sipil. Universitas Udayana Bali

PTV Group. PTV Visum User Manual (Germany: PTV AG )

Rokib, M., 2008. Studi Sebaran Perjalanan Kendaraan Bermotor di Kabupaten Jombang dengan Menggunakan Data Traffic Count. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Surabaya: ITS.

Tamin, O. Z., 1994. “Aplikasi Model Perencanaan Transportasi 4 Tahap Dalam Pemecahan Masalah Transportasi Di Negara Sedang Berkembang”. Jurnal Teknik Sipil. ITB. Bandung.

Tamin, O. Z., 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Published

2023-09-22